Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Wilayah Kota Sukabumi Tidak Sebatas Perlintasan Tetapi Akan Tersedia Gerbang Keluar dan Masuk Jalan Tol

Sukabumi POS

Gerbang untuk keluar dan masuk ke Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), dipastikan ada di Kota Sukabumi. Hal ini berkat usaha dan perjuangan Pemerintah Kota Sukabumi, sebagai Deklarator Sukabumi Summit Tahun 2016, yang diikuti oleh 10 Kepala Daerah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat, dalam upaya Percepatan Pembangunan Jalan Tol Bocimi hingga Cianjur dan Bandung, yang membuahkan hasil dan perkembangan secara positif dan signifikan.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. menandaskan, kepastian tersebut sesuai dengan hasil audiensi pihak Pelaksana Pembangunan Jalan Tol Bocimi, yakni PT Waskita Toll Road dan pihak BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, dengan pihak Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi, beberapa yang waktu lalu. Ditandaskan pula,  pihak PT Waskita Toll Road yang dihadiri langsung oleh Presiden Direkturnya, Mr. Ir. Herwidiakto, M.Tech. dan pihak BPJT Kementerian PUPR RI, sangat antusias untuk melakukan percepatan dan menyelesaikan Pembangunan Jalan Tol tersebut. Selain itu, Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi pun, menghasilkan beberapa kesepakatan, untuk melakukan percepatan Pembangunan Jalan Tol tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengatakan, dalam audiensi tersebut disepakati, bahwa wilayah Kota Sukabumi tidak hanya sebatas menjadi perlintasan saja, akan tetapi akan disediakan Gerbang Keluar dan Masuk Jalan Tol tersebut, selain di daerah Cibolang dan Gekbrong Kabupaten Sukabumi, yang teknisnya akan dibahas lebih lanjut. Disamping itu juga dikatakan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan serta percepatan Pembangunan Jalan Tol Bocimi hingga Cianjur dan Bandung ini, akan dibentuk Satgas (Satuan Tugas), melibatkan semua unsur pemangku kebijakan, seperti Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi, BPN (Badan Pertanahan Negara), BPJT Kementerian PUPR RI, dan Pelaksana Pembangunan Jalan Tol Bocimi, PT Waskita Toll Road.

Adapun tugas Satgas tersebut, diantaranya untuk mengatasi berbagai permasalahan sekecil apapun, khususnya yang berkaitan dengan upaya Percepatan Pembangunan Jalan Tol tersebut, yang sifatnya non teknis, seperti apabila ada rumah atau lahan yang sulit untuk dibebaskan, maka Trase Jalan Tol tersebut  akan digeser. Sebab Pembangunan Jalan Tol tersebut, pada tahun 2019 mendatang harus sudah terealisasi. Untuk itu, pembebasan lahan untuk Pembangunan Jalan Tol  tersebut, khususnya dari wilayah Cicurug sampai dengan wilayah Gekbrong Kabupaten Sukabumi, ditargetkan harus sudah selesai pada tahun 2017 ini. Karena Pembangunan Jalan Tol  tersebut, pada tahun 2018 mendatang akan dimulai.(AMH/MAY)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>