Published On: Rab, Feb 8th, 2017

Website e-Lapor, Besar Manfaatnya Bagi Warga Masyarakat Kota Sukabumi

Website e-Lapor, Besar Manfaatnya Bagi Warga Masyarakat Kota SukabumiSukabumi POS

                Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, menurut rencana akan segera meluncurkan program e-Lapor. Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. G.M. Sukarman, M.Pd. menandaskan, program e-Lapor tersebut, untuk memfasilitasi sekaligus menampung dan menangani berbagai pengaduan warga masyarakat Kota Sukabumi, untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan publik di Kota Sukabumi. Ditandaskan pula, hingga saat ini, di Indonesia baru ada 5 Pemerintah Kota dan Kabupaten, yang sudah menerapkan program e-Lapor tersebut. Disamping itu juga dtandaskan, program e-Lapor tersebut, sangat baik dan positif serta besar manfaatnya bagi warga masyarakat Kota Sukabumi. Sebab maksud dan tujuan dilaksanakannya program e-Lapor tersebut, untuk memfasilitasi dan memudahkan warga masyarakat Kota Sukabumi, dalam menyampaikan pengaduan, baik berupa keluhan maupun saran dan pendapat, khususnya yang berkaitan dengan upaya dan kinerja aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan publik di Kota Sukabumi. Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan program e-Lapor tersebut, seperti diungkapkan Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, sudah dilaksanakan Rapat Program e-Lapor Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Kota Sukabumi, yang dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., tepatnya tanggal 24 Januari 2017, di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

                Kepala Diskominfo Kota Sukabumi mengatakan, program e-Lapor tersebut, merupakan salah satu program yang sudah dilaksanakan oleh Presiden RI, untuk memberikan keterbukaan dan perbaikan pelayan publik, menuju good government atau pemerintah yang baik. Selain itu, program e-Lapor tersebut menjadi salah satu program unggulan saat ini di Indonesia. Karena berbagai keluhan, saran dan pendapat dari warga masyarakat bisa difasilitasi dan ditampung, untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal, sekaligus dicarikan solusi atau jalan keluar terbaiknya. Dikatakan pula, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi yang akan menyampaikan berbagai keluhan atau saran dan pendapat, akan disediakan website e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi, dengan catatan mencantumkan identitas yang jelas, dari mulai nama lengkap hingga alamat dan nomor telepon serta alamat emailnya, karena akan di sharkan langsung ke Pemerintah Pusat, melalui KemenPAN-RB (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI. Maksud dan tujuannya, untuk menghindari adanya hoax atau berita bohong. Selain itu juga dikatakan, program e-Lapor tersebut, dijadualkan bisa dilaunching dan diluncurkan secara resmi pada bulan Maret 2017 mendatang, serta dapat digunakan secara langsung oleh warga masyarakat. Untuk itu, pihak Diskominfo Kota Sukabumi, saat ini sedang menyiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan, dari mulai sarana dan prasarana pendukung hingga SDM (Sumber Daya Manusia)-nya, termasuk kesepakatan dari setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. (M.YUNUS/AM.AM.HAMZAH)

 

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Arief berkata:

    Sangat membantu sekali dengan adanya e-lapor
    Karena di desa kami tidak ada kemajuan sampai sekarang
    Jalanpun tak tersentuh oleh aspal

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>