Published On: Sel, Agu 1st, 2017

Walikota : Pelayanan Publik dan Otda Cukup Baik dan Dapat Dirasakan Masyarakat

Sukabumi POS

Setelah behasil menjadi nara sumber pada saat menyampaikan materi tentang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Indonesia, khususnya tentang Penyelenggaraan Otda (Otonomi Daerah) di Kota Sukabumi kepada unsur Kementerian Dalam Negeri Kamboja dan unsur Pemerintah Kamboja, tepatnya dari tanggal 15 sampai dengan 17 Mei 2017, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., mendapat kepercayaan kembali menjadi nara sumber, untuk menyampaikan materi tentang pelayanan publik sesuai dengan semangat Otda, bagi perwakilan 7 negara, yakni Kanada, Banglades, Mongolia, India, Pakistan, Afganistan dan Myanmar, tepatnya tanggal 7 Juni 2017, di Jakarta.

Walikota Sukabumi menjelaskan, Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Indonesia, khususnya tentang Penyelenggaraan Otda, ada kontribusi yang positif dari Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), khususnya dalam mendorong pemerintahan yang sehat dan bersih. Selain itu, Walikota Sukabumi juga menyatakan merasa bangga dan gembira menjadi salah seorang kepala daerah, yang dipercaya menjadi nara sumber, untuk  menyampaikan materi dan memberikan pendidikan kepada perwakilan 7 negara, yang ingin belajar tentang sistem pelayanan publik  dan Otda. Karena sistem pelayan publik berbasis Otda yang diterapkan di Negara Indonesia ini, dinilai sudah cukup baik, sehingga banyak negara yang ingin belajar ke Indonesia. Untuk itu, semua pihak terkait, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan pelayanan publik dan Otda yang sudah cukup baik ini, supaya dapat lebih baik lagi, serta manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dijelaskan pula, pada saat menjadi nara sumber,  Walikota Sukabumi  menyampaikan materi tentang sejumlah pelayanan terbaik, yang sudah dilaksanakan dan diberikan kepada masyarakat Kota Sukabumi, yakni dari mulai membangun dan mengoperasikan Rumah Sakit Gratis AL-Mulk Kota Sukabumi hingga penyelenggaraan P2RW (Program Pemberdayaan Rukun Warga), sekaligus memberikan tips tentang terselenggaranya sistem pemerintahan yang baik, bersih dan sarat prestasi. Disamping itu, berbagai program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan di Kota Sukabumi, khususnya yang berkaitan dengan upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas pendidikan serta kesejahteraan masyarakat, disampaikan kepada perwakilan 7 negara tersebut.

Untuk itu, Walikota Sukabumi menghimbau kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya memberikan dan meningkatkan pelayan yang terbaik kepada masyarakat. Karena Pemerintah Indonesia termasuk Pemerintah Kota Sukabumi, sudah memiliki sistem yang baik dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan di negara-negara lainnya, masih banyak yang belum memiliki dasar hukum yang jelas, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, Walikota Sukabumi meminta kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar jangan menyia-nyiakan kesempatan ini. Selain itu, seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, sebagai abdi negara, abdi pemerintah dan abdi masyarakat, agar senantiasa berupaya optimal memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang, disertai niat ibadah yang tulus, untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.(Amh/May)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>