Tol Serang Panimbang Resmi Dibuka Presiden Jokowi

Tol Serang Panimbang Resmi Dibuka Presiden Jokowi
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Lebat Iti Octavia Jayabaya saat meresmikan Tol Serang Panimbang

Banten ( Sukabumi Pos ) - Warga Serang terutama warga Panimbang sambut gembira saat  Presiden  Joko Widodo  resmikan jalan tol seksi 1 Serang – Panimbang di Gerbang Tol Rangkasbitung STA 26+500, Selasa (16/11/2021).

Akhirnya kerinduan dan pertanyaan warga kapan tol Serang-Panimbang kapan dibuka, kini  terjawab dengan diresmikan oleh Prediden Jokowi hari Selasa lalu meski belum beroperasi sepenuhnya. Saat peresmian tol seksi 1 Serang Panimbang disaksikan oleh pemerintah provinsi Banten dan pejabat kabupaten Lebak hadir juga tokoh masyarakat Banten.

"Alhamdulillah, tol Serang - Panimbang Seksi I Serang - Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan,” kata Jokowi ketika meresmikan ruas tersebut.

Seperti diketahui, jalan Tol Serang - Panimbang membentang sepanjang 83,7 km terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Ruas Serang – Rangkasbitung (26,50 Km), Seksi 2 Ruas Rangkasbitung - Cileles (24,17 Km), dan Seksi 3 Ruas Cileles - Panimbang (33 Km).

Jokowi menargetkan, pembangunan jalan  tol Serang – Panimbang akan selesai dibangun pada akhir 2023 mendatang. Kini, Jokowi senang proyek pembangunan Tol Serang - Panimbang Seksi I Serang – Rangkasbitung sudah rampung dan bisa digunakan.

“Kemudian akan dilanjutkan dengan Seksi 2, yaitu Rangkasbitung - Cilèlès sepanjang 24 km, dan juga Seksi 3 Cilèlès - Panimbang sepanjang 33 km yang akan dituntaskan pada akhir 2023,” lanjut Jokowi.

Mantan Walikota Solo menjelaskan, kehadiran tol Serang-Panimbang yang akan melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Banten semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa. Mengingat tol ini akan tersambung dengan Tol Jakarta - Merak, termasuk mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya, seperti KSPN Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

"Saya yakin ini menjadi pengungkit ekonomi di Provinsi Banten, terutama di sekitar jalan tol ini yaitu Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” lanjut Jokowi.

Menurut Presiden, ketersediaan infrastruktur menjadi fondasi utama bagi Indonesia untuk mampu bersaing dengan negara-negara lain. Ia menilai, tidak mungkin sebuah negara dapat melampaui negara lain apabila competitiveness index lebih rendah. Sebab, tanpa ketersediaan infrastruktur memadai harga barang akan menjadi tinggi.

"Karena itu kita terus mengejar ketersediaan infrastruktur. Kalau infrastruktur kita siap, artinya produksi dan distribusi barang-barang kita juga akan menjadi lebih baik dan murah. Terlebih di Provinsi Banten ini sebagai sentra penghasil pertanian dan hasil laut juga banyaknya lokasi wisata yang kemudian bisa mendongkrak arus kunjungan wisatawan lokal maupun luar " urai mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Selain itu, hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

 

Redaktur          : Rangga

Repoter           : Nengsri Kinanti