Published On: Rab, Feb 8th, 2017

Tim Sigalak Bersiaga Selama 24 jam

Tim Sigalak Bersiaga Selama 24 jamSukabumi POS 

DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, sudah membentuk tim dan meluncurkan program Sigalak (Siaga Jaga dan Laksana) 24 jam. Maksud dan tujuannya, seperti dijelaskan Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., untuk mengantisipasi dan menangani adanya pohon yang berpotensi akan tumbang dan pohon yang tumbang di wilayah Kota Sukabumi. Dengan demikian, apabila ada pohon yang berpotensi akan tumbang dan pohon yang tumbang di wilayah Kota Sukabumi, dapat segera diatasi dan ditangani. Sebab apabila pohon tersebut tidak segera diatasi dan ditangani, dapat mengganggu dan menghambat terhadap aktivitas dan mobilitas warga masyarakat.,Dijelaskan pula, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan program tersebut, pihak DLH Kota Sukabumi sudah membentuk sebanyak 2 Tim Sigalak, untuk bekerja dan bersiaga selama 24 jam, serta apabila ada pohon yang berpotensi akan tumbang dan pohon yang tumbang di wilayah Kota Sukabumi, Tim Sigalak tersebut akan segera meluncur dan bergerak, untuk mengatasi dan menangani pohon tersebut.

                Kepala DLH Kota Sukabumi menandaskan, keadaan cuaca di Kota Sukabumi saat ini sangat ekstrem, yakni intensitas curah hujan sangat tinggi disertai angin kencang. Hal tersebut dapat menimbulkan potensi adanya pohon tumbang di wilayah Kota Sukabumi. Terlebih keberadaan pohon-pohon yang ada di beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi, jumlahnya tidak sedikit, serta sudah masuk dalam usia tua dengan tinggi melebihi tajuk. Untuk itu, pihak DLH Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal melakukan pengawasan terhadap keberadaan pohon-pohon tersebut, untuk mengantisipasi dan menangani adanya pohon yang berpotensi akan tumbang dan pohon yang tumbang di wilayah Kota Sukabumi. Namun demikian, pihak DLH Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa berperan serta, yakni apabila mengetahui ada pohon yang berpotensi akan tumbang dan pohon yang tumbang di wilayah Kota Sukabumi, agar segera melaporkannya kepada pihak DLH Kota Sukabumi, untuk segera diatasi dan ditangani secara optimal.

                Adapun jumlah pohon yang ada di wilayah Kota Sukabumi, khususnya yang menjadi aset Pemerintah Kota Sukabumi, seluruhnya mencapai 3.628 pohon, dan rata-rata usianya sudah mencapai di atas 30 tahun, dengan ketinggian di atas 15 meter. Sedangkan pohon-pohon yang berpotensi rawan tumbang di wilayah Kota Sukabumi, diantaranya di Jalan R.E. Martadinata, Jalan Ir H. Juanda, Jalan R. Syamsudin, S.H., Jalan Siliwangi dan Jalan Suryakencana. Ditandaskan pula, selain sudah membentuk 2 Tim Sigalak, pihak DLH Kota Sukabumi juga sudah membagi 3 Zona Pelayanan Kebersihan Sampah, untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada warga masyarakat. Antara lain, Zona Pertama Wilayah Kecamatan Cikole dan Kecamatan Gunungpuyuh, Zona Kedua Wilayah Kecamatan Warudoyong dan Kecamatan Citamiang, serta Zona Ketiga Wilayah Bacile, yakni Wilayah Kecamatan Baros, Kecamatan Cibeureum dan Kecamatan Lembursitu.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, apabila ada laporan dan keluhan dari warga masyarakat khususnya yang berkaitan dengan sampah, dapat segera diatasi dan ditangani secara optimal oleh masing-masing zona tersebut. Diharapkannya, dengan kedua program tersebut, dapat memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat, ke arah yang lebih baik lagi.(M.YUNUS/AM.HAMZAH)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>