Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Target job fair Rata-rata 7.000 orang Setiap Tahun

Sukabumi pos

Sekretaris Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, Dra. Hj. Iyan Damayanti, M.Si. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Job Fair atau Bursa Kerja Tahun 2017, diantaranya untuk memperluas kesempatan kerja, memfasilitasi dan mempertemukan antara para pencari kerja dengan dunia usaha atau penyedia lapangan kerja, menghindari adanya calo terhadap para calon pencari kerja dan pekerja untuk memasuki dunia usaha, mengurangi pengangguran dan penempatan tenaga kerja, serta untuk menarik para investor ke Kota Sukabumi. Selain itu, juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 103 Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2017.

                Adapun target dan sasaran dari kegiatan job fair ini, yakni para pencari kerja serta masyarakat angkatan kerja di Kota Sukabumi dan sekitarnya, pengembangan perluasan kesempatan kerja melalui Disnaker Kota Sukabumi, yakni rata-rata sebanyak 7.000 orang setiap tahun. Selanjutnya jumlah lowongan kerja pada kegiatan job fair ini, seluruhnya mencapai 6.488 orang, untuk ditempatkan di 30 perusahaan, baik di dalam maupun di luar Kota Sukabumi.

                Selain itu juga dijelaskan, untuk meningkatkan dan mempemudah pelayanan kepada para pencari kerja warga masyarakat Kota Sukabumi yang belum memiliki e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik), Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, memberikan pelayanan pembuatan e-KTP melalui program Jempol (Jemput Bola), di Mobile Pelayanan Keliling Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Sukabumi, serta Disnaker Kota Sukabumi memberikan pelayanan pembuatan Kartu AK-1 atau Kartu Pencari Kerja yang lebih dikenal dengan sebutan Kartu Kuning, di depan Podium Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

                Sedangkan program dan kegiatan Disnaker Kota Sukabumi lainnya, yakni memfasilitasi lowongan kerja melalui situs online, www.infokerja.naker.go.id, sehingga para pencari kerja bisa langsung melamar melalui web dan internet. Disamping itu, pada bulan Maret 2017, pihak Disnaker Kota Sukabumi telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Online Market, yang diikuti oleh 200 orang peserta, bertempat di Ruangan Pertemuan Disnaker Kota Sukabumi, Jalan Ciaul Pasir Nomor 63 Kota Sukabumi.

                Sementara realisasi penempatan kerja pada tahun 2016, seluruhnya mencapai 5.188 orang atau mencapai 103,76 persen dari target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi sebanyak 5.000 orang. Adapun ke 5.188 orang tersebut, terdiri dari 52 orang TKI, 324 orang Retail, 1.370 orang Industri, 277 orang Magang, Hotel dan Kapal Pesiar, baik di dalam maupun di luar negeri, 221 orang Perbankan, 165 orang Jasa Finance, dan 2.781 orang jasa lainnya.(         AMH/MAY)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>