Published On: Rab, Apr 12th, 2017

STQ Membiasakan dan Memasyarakatkan AL-Quran Kepada Kaum Muslimin

Sukabumi POS 

Jumlah penduduk kaum muslimin Indonesia termasuk di Kota Sukabumi sangat banyak. Namun jumlah penduduk yang sangat banyak ini, harus dibarengi dengan kualitas keimanan, sebagai titik penting dalam proses pengajuan dan pengembangan dakwah kultural dan struktural Islam, seperti yang tercantum dalam pesan-pesan AL-Quran, AL-Hadist dan para Ulama. Sebab maju mundurnya kaum muslimin, sangat ditentukan dari kedekatan dengan AL-Quran Nur Karim.

                Demikian disampaikan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi TC (Training Centre) Peserta STQ (Seleksi Tilawatil Quran) Kafilah Kota Sukabumi, tepatnya hari Rabu, 5 April 2017, di Wisma Kenanga Kota Sukabumi, sebagai persiapan untuk mengkuti STQ Ke 15 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017.

                Wakil Walikota Sukabumi merasa yakin, dengan diselenggarakannya kegiatan STQ ini, dapat membiasakan dan memasyarakatkan, sekaligus membumikan AL-Quran kepada para kaum muslimin, dalam kerangka meningkatkan kualitas keimanan. Dikatakannya, sejarah sudah menunjukan, banyak tokoh-tokoh yang lahir dari kaum muslimin, baik di Tingkat Nasional dan Regional, maupun di Tingkat Kota Sukabumi. Dikataka pula, kegiatan TC STQ ini khusus bagi para peserta, dalam kerangka mencari pengalaman, pengetahuan dan wawasan serta keterampilan, sekaligus mendidik mentalitas para peserta, supaya dapat tampil lebih baik dan optimal, untuk mencapai hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

                Dalam pada itu, Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag., selaku Panitia Penyelenggara menjelaskan, peserta yang mengikuti TC STQ ini, seluruhnya berjumlah 15 orang, untuk mengikuti 8 Cabang STQ. Antara lain Tilawah Anak Putera dan Puteri 2 orang, Tilawah Dewasa Putera dan Puteri 2 orang, MHQ (Musabaqoh Hifdzil Quran) 1 Juz Putera dan Puteri 2 orang, MHQ 5 Juz Putera dan Puteri 2 orang, MHQ 10 Juz Putera dan Puteri 2 orang, MHQ 20 Juz Putera dan Puteri 2 orang, MHQ 30 Juz Puteri 1 orang, dan Tafsir Bahasa Arab Putera dan Puteri 2 orang. Dijelaskan pula, baik para Pembina maupun para peserta STQ ini, akan berupaya optimal memberikan yang terbaik bagi Kota Sukabumi, kendati pelaksanaan TC STQ ini waktunya sangat singkat, yakni hanya 2 hari.

                Hadir pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., Kepala Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, Drs. H. Entis Sutisna, M.Ag., para Pembina dan Peserta TC STQ, serta para tamu undangan lainnya.(AMH/MAY)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>