Published On: Kam, Agu 11th, 2016

Simulasi Pengoperasian Terminal Bus Tipe A Melibatkan Satlantas Polres Kota

Sukabumi POS 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., didampingi Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Dr. H. Fahrurrazi, A.Md.LLAJ., S.IP., M.Si. mengatakan, setelah beberapa kali selalu gagal mengoperasikan Terminal Bus Tipe A Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi kembali merencanalan pengoperasian terminal tersebut, yakni pada awal bulan Oktober 2016 mendatang.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, saat ini sedang melakukan inventarisasi dan berbagai persiapan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pengoperasian terminal bus tersebut, baik untuk Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), maupun Bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi).

 

Bahkan pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi beserta pihak instansi dan lembaga terkait lainnya, terutama dengan pihak Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, saat ini sedang melakukan simulasi pengoperasian Terminal Bus Tipe A Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi, khususnya yang berkaitan dengan jalur keluar dan masuknya bus ke terminal tersebut, termasuk memasang marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

 

Disamping itu, berbagai kelengkapan sarana dan fasilitas di dalam terminal tersebut, juga sedang disiapkan secara optimal, seperti sejumlah kios untuk para pedagang berbagai jenis makanan termasuk rumah makan, serta melakukan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat, khususnya kepada keluarga besar terminal, seperti para pengusaha, pengurus dan pengemudi bus, serta para pedagang berbagai jenis makanan, supaya pengoperasian terminal tersebut, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Yang tidak kalah penting, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi beserta pihak instansi dan lembaga terkait lainnya, saat ini sedang melakukan pengkajian dan penataan trayek Angkot (Angkutan Kota), dari berbagai jurusan yang ada di wilayah Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya keberadaan terminal tersebut dapat dijangkau dengan mudah oleh Angkot dari berbagai jurusan yang ada di wilayah Kota Sukabumi, sehingga keberadaan terminal tersebut tidak akan sepi oleh penumpang.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengungkapkan, pembangunan Terminal Bus Tipe A Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi ini, memakan waktu cukup lama, yakni hampir 15 tahun, dimulai pada tahun 2001 yang lalu, serta sudah menghabiskan dana sekitar Rp. 32 milyar, yakni dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sekitar Rp. 27 milyar, dan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) sekitar Rp. 15 milyar.(M.YUNUS)

 

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>