Published On: Jum, Jun 10th, 2016

Seluruh Sekolah Dapat Memanfaatkan Bulan Suci Ramadhan Sebagai Ajang Peningkatan Kualitas Ibadah

Sukabumi POS

Jam pelajaran sekolah di Kota Sukabumi, selama Bulan Suci Ramadhan Tahun 1437 Hijriyah dikurangi, yakni dari 45 menit menjadi 30 menit. Sedangkan pada saat memasuki Bulan Suci Ramadhan, seluruh pelajar di semua tingkatan pendidikan di Kota Sukabumi, dari mulai PAUD dan TK hingga SMA, SMK dan MA serta Perguruan Tinggi diliburkan, tepatnya dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Ramadhan 1437 Hijriyah atau dari tanggal 6 sampai dengan tanggal 8 Juni 2016 Masehi.

 

Kepala Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, libur bersama pada awal Bulan Suci Ramadhan ini, sesuai dengan kalender pendidikan, dan berlaku bagi semua tingkatan pendidikan. Diharapkannya, seluruh pelajar yang beragama Islam di Kota Sukabumi, dapat melaksanakan Ibadah Puasa dengan baik dan lancar. Diharapkan pula, seluruh pelajar yang melaksanakan ibadah puasa, agar lebih memperbanyak membaca AL-Quran, Shalat Tarawih dan ibadah lainnya. Maksud dan tujuannya, untuk menjaga kekhusyuan dan kesucian bulan Ramadan.

 

Sedangkan untuk menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan, seluruh sekolah di Kota Sukabumi agar menyelenggarakan berbagai kegiatan, khususnya yang bernuansa keagamaan, seperti pesantren kilat dan sebagainya. Selain itu juga diharapkan, seluruh sekolah di Kota Sukabumi, dapat memanfaatkan Bulan Suci Ramadhan ini, sebagai ajang peningkatan kualitas ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Disamping itu, di Dinas P dan K Kota Sukabumi, selama Bulan Suci Ramadhan Tahun 1437 Hijriyah, setiap pagi dilaksanaan pengajian, yang dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan dan pelaksana, serta para kepala sekolah dan guru.

 

Dalam pada itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas P dan K Kota Sukabumi, Dra. Yemmi Yohanni, M.M.Pd. menjelaskan, selama Bulan Suci Ramadhan, KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) tidak jauh berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Sebab kendati ada pengurangan waktu jam pelajaran, tapi diisi oleh kegiatan lainnya, seperti pesantren kilat, yang dilaksanakan 2 jam dalam setiap harinya, sebelum dilaksanakan kegiatan KBM. Adapun jam pelajaran untuk siswa kelas 1 sampai dengan kelas 3 SD dari pukul 07.30 hingga pukul 10.00 WIB, dan untuk siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6 SD, serta SMP, SMA dan SMK dari pukul 07.30 hingga pukul 13.00 WIB.

 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas P dan K Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya pesantren kilat di seluruh sekolah di Kota Sukabumi ini, dapat menumbuhkan dan meningkatkan jiwa religius, serta keimanan dan ketaqwaan yang tinggi, khususnya di kalangan peserta didik dan warga sekolah lainnya.(yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>