Published On: Kam, Mar 17th, 2016

Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Akan Mencari 3 Calon Pejabat Terbaik

Sukabumi POS

Sebanyak 19 orang calon Pejabat Eselon 2 di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, saat ini sedang digodok oleh para Pakar Administrasi Negara, yang terdiri dari Dosen Unpad (Universitas Padjajaran), mantan Rektor UIN SGD (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati), dan Dosen STIA LAB (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara).

 

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua Panitia Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Kota Sukabumi menjelaskan, ke 19 orang calon Penjabat Eselon 2 ini, mengikuti beberapa tahap penilaian, diantaranya pembuatan makalah dan wawancara, untuk mengisi jabatan Kepala di 5 OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Antara lain Dinsosnakertrans (Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi), DPSPP (Dinas Pengelolaan Sampah, Pertamanan dan Pemakaman), Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), Dinas Perhubungan, dan Sekretaris DPRD.

 

Sedangkan dalam tahap wawancara, lebih ditekankan pada implementasi kemampuan dalam menggali potensi dan menangani berbagai permasalahan yang ada di OPD-nya masing-masing, dengan mencari solusi yang terbaik dan realistis, serta harus mampu menjabarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi.

 

Dijelaskan pula, Panitia Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Kota Sukabumi, akan mencari 3 orang calon Pejabat Eselon II terbaik di setiap OPD tersebut, serta akan segera diserahkan kepada Walikota Sukabumi, untuk dipilih dan ditetapkan 1 orang terbaik. Selain itu juga dijelaskan, apabila seorang calon Pejabat Eselon II yang konsepnya dinilai baik, namun tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan serta komunikasi dengan bawahannya kurang baik, maka calon pejabat tersebut tidak akan terpilih, sebab bisa menghambat terhadap kinerjanya.

 

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengatakan, hasil seleksi calon Pejabat Eselon II ini, menurut rencana akan segera diumumkan, setelah Panitia Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Kota Sukabumi, melaporkan 3 orang calon pejabat terbaik untuk masing-masing OPD, kepada Walikota Sukabumi. Karena Pemerintah Kota Sukabumi sangat membutuhkan para Pejabat Eselon II ini, serta akan segera ditempatkan di 5 OPD tersebut, untuk merealisasikan berbagai program dan kegiatan di masing-masing OPD-nya.(Yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>