Published On: Rab, Sep 16th, 2015

RIBUAN WARGA PEMBUAT E-KTP RESAH

E-KTPKota Sukabumi (Sukabumi Pos),- Kurang lebih dua minggu terhitung tanggal 25 Agustus 2015 sampai saat ini, pelayanan e-KTP (Elektronik-Kartu Tanda Penduduk) dirasa kurang baik. Hal ini mengakibatkan warga yang berantrian dengan niat membuat KTP harus menunggu sampai jaringan dari pusat terhubung kembali. Di satu sisi masyarakat dituntut untuk memiliki satu Kartu Tanda Penduduk (KTP),  di sisi lain pelayanan yang baik juga dituntut bagi pihak pengelola jasa pembuatan KTP itu.

Dari surat edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 471.13/9064/DUKCAPIL tentang pelayanan pencetakan e-KTP tertuju kepada seluruh Dinas Kependudukan Catatan Sipil di seluruh Indonesia, Dalam rangka pelayan e-KTP di daerah meliputi perekaman dan pencetakan e-KTP perlu dilakukan perivikasi ketunggalan data di pusat pelayanan (service centre) yang pada saat ini fungsi datanya mengalami gangguan sejak tanggal 25 Agustus 2015 dan menyebabkan fungsi e-KTP harus terhenti sementara.

Dalam surat edaran tersebut tercatat permintaan maaf atas permasalahan yang dialami pelayanan public tersebut.

“Atas dasar kondisi tersebut perlu kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut, permohonan maaf atas kejadian tersebut yang mengakibatkan ketidak lancaran dalam percetakan e-KTP di Daerah, pelayanan perekaman e-KTP dan penerbitan dokumen kependudukan lainnya tetap dapat dilaksanakan. Pelayanan pencetakan KTP el masih menunggu berfungsinya data center yang sampai saat ini dalam upaya perbaikan. Apabila fungsi data centre sudah normal kembali akan kami informasikan ke daerah pada kesempatan pertama.” (sumber surat edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 471.13/9064/DUKCAPIL)

Melihat kondisi diatas berapa juta orang Indonesia yang akan membuat e-KTP tertunda, mestinya Pemerintah pusat mengambil langkah cepat dalam permasalahan ini, karena kartu identitas tersebut dinilai penting untuk masyarakat, contoh di Kab. Sukabumi saja kurang lebih 4000 pembuat e-KTP di tunda dikarenakan masalah ini, (Her)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>