Published On: Sab, Des 9th, 2017

Rapat Kerja Komisi IX Sepakati RUU Kepalangmerahan

Sukabumi Pos.

Rapat Kerja Komisi IX Sepakati RUU Kepalangmerahan

Rapat Kerja Komisi IX DPR RI, Kamis (7/12/2017) yang dipimpin oleh Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf dan dihadiri oleh Menkumham Yosanna H. Laoly terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepalangmerahan untuk pengambilan keputusan pada pembicaraan tingkat satu.

“Apakah RUU Kepalangmerahan ini disepakati dan disahkan menjadi Undang-Undang?,” tanya Dede Yusuf kepada anggota Komisi dan pemerintah, serentak jawaban anggota Komisi IX DPR dan pemerintah yang hadir dalam rapat kerja, “Setuju”.

Dalam rapat kerja ini, Dede Yusuf didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR Syamsul Bachri dan Ermalena di ruang Komisi IX Nusantara I.

Sementara Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf M. Effendi mengatakan pengesahan pembicaraan tingkat satu RUU Kepalangmerahan setelah melalui dinamika pembahasan panjang. Perdebatan dalam RUU Kepalangmerahan yang telah dibahas hampir tiga periode, akhirnya selesai dan disepakati bersama fraksi-fraksi Komisi IX.

“Setelah melalui pembahasan yang alot baik di tingkat timus, timsin, panja maupun di tingkat raker, RUU Kepalangmerahan yang merupakan usul pemerintah menjadi RUU Kepalangmerahan”. kata Dede.

Ditempat yang sama Wakil Ketua Komisi IX Syamsul Bachri mengungkapkan RUU Kepalangmerahan terdiri dari XI BAB dan 46 Pasal. RUU ini disebutkan bahwa penyelenggaraan kepalangmerahan dilakukan oleh pemerintah dan PMI. Namun, bukan berarti masyarakat tidak berperan. Dalam BAB VI pasal 32 justru dijelaskan tentang peran serta masyarakat dalam kegiatan kepalangmerahan.

“pada prinsipnya, semua pihak dan fraksi Komisi IX sudah sepakat tentang RUU Kepalangmerahan ini agar organisasi dan lembaga kemanusiaan lain terakomodir di dalam RUU ini”. Kata Syamsul.

Sementara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yosanna H. Laoly menyampaikan bahwa pemerintah menyetujui terhadap RUU Kepalangmerahan ini dan diharapkan segera di bawa kepada paripurna untuk pengambilan keputusan pada tingkat dua di paripurnakan dan di sahkan menjadi UU.

“Atas nama pemerintah kami menyetujui RUU tentang Kepalangmerahan ini dan diharapkan RUU ini segera disahkan pada tahap dua untuk menjadi UU”. Kata Yosanna (Hasan Basri)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>