Published On: Kam, Mar 23rd, 2017

Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Untuk Mengenang Kisah Perjuangan dan Pengorbanan Petugas

Sukabumi POS

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi Petugas Pemadam Kebakaran, yang dahulu lebih dikenal dengan sebutan Brandweer. Sebab tanggal 1 Maret, sebagai Hari Pemadam Kebakaran di Indonesia, diawali dengan Pemberian Plakat Tanda Penghargaan Tertulis Hari Ulang Tahun Ke 10, dari warga masyarakat Betawi terhadap Brandweer Batavia, tepatnya pada tanggal 1 Maret 1909. Plakat tanda penghargaan tersebut diberikan, atas jasa dan perjuangan serta pengorbanan Petugas Pemadam Kebakaran, dalam menyelamatkan korban jiwa dan kerugian harta benda, pada kejadian kebakaran besar di Perkampungan Melayu, tepatnya di Pasar Mester Jatinegara dan Kampung Melayu. Atas dasar plakat tanda penghargaan tersebut, selanjutnya pada setiap tanggal 1 Maret, warga masyarakat Betawi memperingati Hari Pemadam Kebakaran, yang selanjutnya Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, serta Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia, memperingati Hari Pemadam Kebakaran Nasional pada setiap tanggal 1 Maret.

Penandasan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan pada Upacara Pengibaran Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih, sekaligus Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 68 Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) dan HUT Ke 55 Satuan Linmas (Perlindungan Masyarakat) serta Hari Jadi Ke 98 Pemadam Kebakaran Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya tanggal 17 Maret 2017, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, dilaksanakannya Peringatan Hari Pemadam Kebakaran ini, untuk mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan Petugas Pemadam Kebakaran, dalam melakukan perlawanan terhadap kobaran api, baik di pemukiman penduduk dan bangunan gedung publik, maupun pabrik industri serta pasar dan hutan, termasuk dalam upaya menyelamatkan jiwa dan harta benda warga masyarakat, pada saat terjadi kebakaran dan bencana lainnya. Selain itu, juga sebagai salah satu bentuk penghargaan pemerintah, terhadap perjuangan para Petugas Pemadam Kebakaran, khususnya dalam menjalankan tugas, peran dan fungsinya.

Adapun Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Pemadam Kebakaran, sebagaimana tercantum dalam Panca Dharma Pemadam Kebakaran, yakni Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran, Pemadaman Kebakaran, Penyelamatan, Pemberdayaan Masyarakat, serta Penanganan Kebakaran Bahan Berbahaya dan Beracun. Disamping itu, Petugas Pemadam Kebakaran juga wajib siaga 24 jam, serta harus senantiasa siap memadamkan kebakaran, dengan motto Pantang Pulang Sebelum Api Padam, Walaupun Nyawa Taruhannya.(AMH/MAY)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>