Published On: Sel, Agu 1st, 2017

Pengurus RW Sangat Ahli Melakukan Penyusunan dan Proposal P2RW

Sukabumi POS

Kepala Bagian Tapem (Tata Pemerintahan) Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, S.STP., M.Si. mengungkapkan, dari 33 kelurahan se Kota Sukabumi, hanya tinggal tiga kelurahan lagi yang belum mencairkan dana P2RW (Program Pemberdayaan Rukun Warga) Tahun 2017. Adapun ketiga kelurahan tersebut, yakni Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang, serta Kelurahan Warudoyong dan Kelurahan Dayeuh Luhur Kecamatan Warudoyong.

Diungkapkan pula, secara persentasi, besaran penyerapan dana untuk pembangunan di Tingkat RW di Kota Sukabumi melalui P2RW Tahun 2017 ini sudah mencapai 93 persen, tersebar di 30 kelurahan se Kota Sukabumi, dan secara keseluruhan, pencairan dana P2RW Tahun 2017 ini bisa dikatakan cepat, serta hanya tinggal tiga keluarahan lagi yang belum mencairkan dananya.

Kepala Bagian Tapem Setda Kota Sukabumi menjelaskan, ketiga kelurahan tersebut belum melakukan proses pencairan dana P2RW Tahun 2017, karena proposal pengajuan untuk penyerapan bantuan dananya masih dalam proses penyelesaian. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bagian Tapem Setda Kota Sukabumi mengharapkan, setiap Ketua RW dapat mengikuti tahapan proses yang sudah ditentukan.

Dijelaskan pula, apabila proses pencairan dana P2RW Tahun 2017 ini sudah selesai secara keseluruhan, pihaknya beserta jajarannya akan melakukan proses Monev (Monitoring dan Evaluasi), terhadap realisasi P2RW yang sudah dilaksanakan di setiap RW. Adapun proses Monev P2RW Tahun 2017 ini, merurut rencana akan dilaksanakan antara bulan Agustus dan bulan Oktober 2017 mendatang.

Selain itu juga dijelaskan, setiap Pengurus RW di Kota Sukabumi, sudah sangat ahli dalam melakukan penyusunan dan pembuatan proposal P2RW, termasuk proses pencairan dana serta pelaksanaannya, hingga proses pertangungjawaban pengerjaan pembangunannya. Oleh karenanya sangat wajar, apabila Monev P2RW Tahun 2017 ini, dilaksanakan antara bulan Agustus dan bulan Oktober 2017 mendatang.

Menyinggung besaran dana P2RW Tahun 2017, seperti dikatakan Kepala Bagian Tapem Setda Kota Sukabumi, seluruhnya mencapai Rp. 6 milyar lebih, dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2017, untuk 355 RW yang tersebar di 33 kelurahan dan 7 kecamatan se Kota Sukabumi, atau masing-masing RW menerima dana P2RW sebesar Rp. 17 juta.(Amh/May)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>