Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Pembinaan P2WKSS Dilakukan Secara Sinergi Dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah

Sukabumi  POS

Program P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera) RW 7 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, sudah dimonitoring oleh Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat, tepatnya tanggal 3 April 2017. Adapun kedatangan Tim Verifikasi P2WKSS tersebut, disambut dan diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., bertempat di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi. Sedangkan di Ruangan Pertemuan Kelurahan Sukakarya, disambut dan diterima secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M.

                Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, S.E., Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Camat Warudoyong, Drs. R. Samiarto, M.Si., Lurah Sukakarya, Supriatna Sugianto, S.E., Ketua TP PKK Kecamatan Warudoyong dan Kelurahan Sukakarya, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

                Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, mengucapkan selamat datang kepada seluruh jajaran Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat, seraya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam penyambutan dan penerimaan ini banyak hal yang kurang berkenan, karena pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, pada saat ini masih dalam suasana memperingati Hari Jadi Ke 103 Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya pada tanggal 1 April 2017.

                Sementara Kepala Disdalduk-KBP3A-PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Dra. Hajah Lilis Astri Suryanita, M.M. menjelaskan, pelaksanaan dan pembinaan P2WKSS di Kota Sukabumi, senantiasa dilakukan secara sinergi dengan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

                Dijelaskan pula, dalam Program P2WKSS di RW 7 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, selain senantiasa dilakukan pembinaan kepada 100 KK (Kepala Keluarga) Binaan, juga akan dilaksanakan perbaikan jalan lingkungan, rehabilitasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), perbaikan MCK, sarana air bersih, pengembangan dan peningkatan keterampilan, melalui pelatihan kepada para Warse (Wanita Rawan Sosial Ekonomi), P2WIK (Peningkatan Peranan Wanita Industri Kecil), dan Pekka (Perempuan Kepala Keluarga).

                Sedangkan Ketua Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat, Eni Rosiani menjelaskan, Program Terpadu P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan, untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia), serta SDA (Sumber Daya Alam) dan lingkungan, sekaligus untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia, dalam rangka pembangunan masyarakat kelurahan, dengan penggeraknya kaum perempuan.

                Adapun strategi yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan program tersebut, diantaranya melalui semangat kebersamaan dan keberpihakan, sekaligus memberikan ruang gerak kepada keluarga miskin, khususnya dalam membangun dirinya sendiri, dalam bentuk mobilisasi dan pemanfaatan seluruh potensi masyarakat, serta peran aktif Gerakan PKK, yang difasilitasi oleh seluruh SKPD terkait.

                Dijelaskan pula, dilaksanakannya monitoring ini, sebagai langkah awal, untuk melihat kondisi 100 KK Binaan dan Lokasi Binaan P2WKSS, khususnya di RW 7 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, yang dilakukan oleh seluruh SKPD terkait di Kota Sukabumi.(AMH/MAY)

 

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>