Published On: Jum, Mar 17th, 2017

Pelantikan dan Pengukuhan Para Pejabat sesuai Dengan Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing

Sukabumi POS 

Seperti diungkapkan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., pada akhir tahun 2016 yang lalu, di Kota Sukabumi telah dilakukan restrukturisasi perangkat daerah, menyusul diberlakukannya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, dan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 18 Tahun 2016, tentang Perangkat Daerah, dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

                Dikatakannya, semua pihak patut bersyukur, karena Pemerintah Daerah Kota Sukabumi, dapat segera merespon Undang-Undang dan PP tersebut, dengan menerbitkan Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 9 Tahun 2016, tentang Pembentukan Perangkat Daerah, yang ditindaklanjuti dengan pelantikan dan pengukuhan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, sesuai dengan SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja) yang baru, tepatnya pada tanggal 3 Januari 2017 yang lalu.

                Dikatakan pula, pelantikan dan pengukuhan para pejabat tersebut, saat ini sudah satu bulan lebih, dan dalam rentang waktu tersebut, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ini, tentunya sudah mempelajari Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) masing-masing, sekaligus melakukan berbagai penyesuaian.

                Untuk itu, Walikota Sukabumi menginstruksikan kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, supaya dapat segera melaksanakan berbagai kegiatan yang sudah direncanakan dan dianggarkan dalam DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran)-nya masing-rnasing.

Dijelaskannya, bagi yang menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa, para Pengguna Anggaran agar segera menyusun DRP (Dokumen Rencana Pengadaan) Barang dan Jasa, sekaligus melakukan pelelangan sedini mungkin, agar tahun anggaran yang tersedia dapat digunakan secara efektif dan tepat waktu.

                Selain itu juga dijelaskan, di luar kapasitas para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) sebagai Pengguna Anggaran, para Kepala SKPD juga harus mampu memetakan berbagai permasalahan yang ada, sesuai dengan bidang dan urusannya masing-masing, terutama yang berkaitan dengan Janji Politik Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, yang hingga saat ini belum dapat direalisasikan secara keseluruhan. Berkaitan dengan hal tersebut, para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, harus senantiasa berupaya optimal dan bersungguh-sungguh, untuk merealisasikan seluruh Janji Politik Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, pada Tahun Anggaran 2017 ini.

                Karena pada tahun 2018 mendatang, akan dilaksanakan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak tahap ketiga, termasuk Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, yang tahapan pelaksanaannya akan dimulai pada akhir tahun 2017 ini.(MAY/AMH)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>