Published On: Sab, Mei 27th, 2017

PDAM TBW Kota Sukabumi Memanfaatkan 3 sumber air Batukarut, Cigadog dan Cinumpang

Sukabumi POS

Direktur Utama PDAM TBW (Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi, Anton Rachman Suryana, S.Sos., M.AP. menjelaskan, sebanyak 30 persen atau sekitar 21.200 sambungan pelanggan air bersih PDAM TBW Kota Sukabumi, terutama para pelanggan yang berada di dataran tinggi, belum mendapatkan pelayanan secara maksimal, sebab wilayah Kota Sukabumi ini, topografinya turun naik. Sedangkan pendistribusian air yang dilakukan PDAM TBW Kota Sukabumi, menggunakan sistem gravitasi, yang mengakibatkan tekanan air kadang-kadang tidak sampai ke dataran tinggi. Namun untuk di dataran rendah, penyerapan air sangat besar. Dijelaskan pula, dalam mengatur pola pendistribusian air bukan hal yang mudah, khususnya yang sumber airnya menggunakan pengolahan air sungai, seperti sumber air sungai Cinumpang, tepatnya di wilayah Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, terutama pada saat curah hujan tinggi, sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas air.

Direktur Utama PDAM TBW Kota Sukabumi mengatakan, dalam melakukan proses dan pengolahan air sungai waktunya relatif lebih lama, terutama pada saat curah hujan tinggi, sebab dapat mempercepat endapan pasir dan lumpur, serta apabila airnya sudah keruh harus segera dikuras. Selain itu juga dikatakan, pada musim kemarau, pengurasan air sungai Cinumpang dilakukan 1 kali dalam waktu 2 sampai dengan 3 hari. Sedangkan pada musim hujan pengurasan dilakukan lebih intensif lagi, yakni dalam 1 hari bisa 2 sampai dengan 3 kali. Adapun dalam setiap melakukan pengurasan, membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni antara 1 sampai dengan 2 jam. Oleh karenanya, selama masa pengurasan, pendistribusian air kepada para pelanggan dihentikan dulu.

Dikatakan pula, pendistribusian air PDAM TBW Kota Sukabumi, memanfaatkan 3 sumber air, yakni sumber air Batukarut, tepatnya di wilayah Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, yang apabila dalam kondisi normal, debit airnya mencapai 150 liter per detik. Selanjutnya sumber air Cigadog, tepatnya di daerah Selabintana Kabupaten Sukabumi, serta debit airnya, apabila dalam kondisi normal mencapai 25 sampai dengan 30 liter per detik, dan sumber air dari sungai Cinumpang, tepatnya di wilayah Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, yang apabila dalam kondisi normal, debit airnya mencapai 250 liter per detik.

Direktur Utama PDAM TBW Kota Sukabumi menandaskan, pihak PDAM TBW Kota Sukabumi, dalam tahun 2017 ini menargetkan akan menambah sebanyak 2.600 sambungan baru. Antara lain sebanyak 1.600 sambungan merupakan pemasangan regular, dan sebanyak 1.000 sambungan merupakan kuota dari Pemerintah Pusat, untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), serta hingga saat ini sudah dipasang sebanyak 850 sambungan.(MAY)

 

 

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>