Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Pasal 27 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 Setiap Warga Negara Berhak Atas Pekerjaan dan Penghidupan Yang Layak

Sukabumi POS 

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, menyelanggarakan Job Fair atau Bursa Kerja Tahun 2017, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 103 Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2017. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tepatnya pada tanggal 3 dan 4 April 2017, di GOR (Gelanggang Olah Raga) Remaja Merdeka Kota Sukabumi ini, dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M.

                Hadir pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Ke 103 Kota Sukabumi Tahun 2017, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Pimpinan Perusahaan, para peserta job fair dan para tamu undanan lainnya.

                Dalam sambutannya Walikota Sukabumi menandaskan, sesuai amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bahwa tujuan negara adalah untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia. Sementara dalam Pasal 27 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 menjelaskan, bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusian. Sedangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, banyak program yang telah dilaksanakan, baik oleh Pemerintah Pusat maupun oleh Pemerintah Daerah.

                Selain itu juga ditandaskan, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 103 Kota Sukabumi Tahun 2017, serta untuk meningkatkan perluasan kesempatan kerja, sangat perlu dan penting diselenggarakan kegiatan job fair. Karena dalam setiap tahunnya, angka pengangguran terus bertambah. Adapun yang menjadi penyebabnya, karena pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, kesempatan kerja yang masih rendah, serta pendayagunaan dan    tingkat pendidikan termasuk produktivitas  tenaga  kerja  yang  masih   relatif rendah.

                Ditandaskan pula, ketidakseimbangan tersebut, diakibatkan oleh adanya kesenjangan informasi antara para pengguna tenaga kerja dengan para pencari kerja, serta sering berdampak pada perusahaan atau pengguna tenaga kerja, kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang dibutuhkan.

                Selanjutnya ditandaskan, salah satu upaya untuk menanggulangi ketidakseimbangan tersebut, khususnya dalam menanggulangi tingginya angka pengangguran, diantaranya melalui kegiatan job fair. Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan job fair ini, dapat mempercepat pertemuan antara para pencari kerja dengan para pengguna tenaga kerja, sekaligus sebagai salah satu upaya pelaksanaan fungsi dan pelayanan penempatan tenaga kerja, khususnya di Kota Sukabumi dan sekitarnya.(AMH/MAY)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>