Published On: Rab, Jun 22nd, 2016

Para Pemilik Kendaraan Segera Perbaiki Terlebih Digunakan Untuk Lebaran

Sukabumi POS

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, melalui UPT KIR Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan berupaya optimal melakukan pengecekan terhadap seluruh Bus Angkutan Lebaran Tahun 1437 Hijriyah, yang beroperasi di Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, seperti dijelaskan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., sebagai salah satu upaya untuk mendorong Zero Accident atau Nol Kecelakaan pada Bus Angkutan Lebaran Tahun 1437 Hijriyah, serta untuk menekan berbagai hambatan lalu lintas yang akan dilalui oleh para pemudik, baik pada saat Arus Mudik maupun pada saat Arus Balik Lebaran Tahun 1437 Hijriyah. Dijelaskan pula, dilakukannya pengecekan terhadap seluruh Bus tersebut, sesuai dengan arahan dan instruksi dari Menteri Perhubungan RI, pada saat Rakor (Rapat Koordinasi) Penanganan Angkutan Lebaran Tahun 1437 Hijriyah, di Jakarta.

 

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pengecekan terhadap seluruh Bus tersebut, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, melakukan jemput bola pengecekan langsung ke seluruh Pool Bus, khususnya Bus yang beroperasi di Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, termasuk terhadap seluruh Bus Cadangan, yang disiapkan untuk Angkutan Lebaran Tahun 1437 Hijtiyah.

 

Adapun pengecekan yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi terhadap seluruh Bus tersebut, diantaranya masalah kelayakan jalan kendaraan, untuk memberikan rasa aman dan rasa nyaman kepada para penumpang. Ditandaskannya, bagi setiap Bus yang tidak layak jalan, selain dicatat oleh aparat dari Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, juga langsung memerintahkan kepada para pemiliknya, untuk segera diperbaiki, apabila akan digunakan untuk angkutan Lebaran.

 

Menyinggung Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang beroperasi di Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, saat ini berjumlah 95 Bus, dengan daya angkut mencapai 5.400 tempat duduk, dan Bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) berjumlah 95 Bus, dengan daya angkut mencapai 2.280 tempat duduk. Sementara Bus Cadangan, yakni sebanyak 10 persen dari jumlah Bus yang beroperasi saat ini.

 

Sedangkan upaya untuk menekan berbagai hambatan lalu lintas yang akan dilalui oleh para pemudik, kendati wilayah Kota Sukabumi bukan merupakan jalur utama mudik, tapi Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan berupaya optimal dan mengantisipasinya dengan baik, bekerja sama dengan pihak Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, dengan menempatkan personil di setiap titik jalan rawan kemacetan, serta mengalihkan arus lalu lintas ke Jalan Lingkar Selatan. Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga mengungkapkan, selain melakukan pengecekan terhadap seluruh Bus, pihaknya juga sedang melakukan inventalisir terhadap rambu-rambu lalu lintas yang rusak atau yang terhalang oleh ranting pohon di setiap ruas jalan di Kota Sukabumi, untuk ditata dan dibenahi kembali, supaya dapat dilihat dengan jelas oleh para pengemudi kendaraan.(yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>