Published On: Sel, Mei 17th, 2016

Nara Sumber Penyuluhan Politik TNI, Polri, KPU dan Pemkot Sukabumi

Sukabumi POS 

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. mengharapkan, segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar dapat  meningkatkan partisipasi yang tinggi, dalam menjalankan tatanan demokrasi dan perpolitikan, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, khususnya dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Harapan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat membuka secara resmi penyuluhan politik bagi tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda se Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 16 Mei 2016, di Hotel Berlian Kota Sukabumi.

 

Selain itu juga diharapkan, keterlibatan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dalam meningkatkan partisipasi yang tinggi, khususnya dalam menjalankan tatanan demokrasi dan perpolitikan, dapat menjalankan perannya secara optimal, terutama dalam mendorong sekaligus meningkatkan kesadaran politik warga masyarakat yang demokratis, untuk menentukan nasib dan kehidupan warga masyarakat, serta kebijakan pembangunan ke depan dalam berbagai bidang, ke arah yang lebih baik lagi.

 

Sementara Kepala Kantor Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan, S.IP. menjelaskan, penyuluhan politik ini akan dilaksanakan di setiap kecamatan se Kota Sukabumi, dengan nara sumber dari Pemerintah Kota Sukabumi, TNI, Polri, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, dan dari Kantor Kesbangpol Kota Sukabumi. Adapun materi yang disampaikan dalam penyuluhan ini, antara lain Tugas Utama Pemerintah Daerah, Peran TNI, Peran Polri, Peraturan KPU Tentang Pemilu, dan Peran Serta Masyarakat dalam Pemilu.

 

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya penyuluhan ini, sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Sukabumi, dalam memberikan sekaligus meningkatkan kualitas pengetahuan dan wawasan warga masyarakat Kota Sukabumi dalam bidang politik, sekaligus meningkatkan kesadaran, hak dan kewajiban warga masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu.

 

Disamping itu, juga untuk meningkatkan partisipasi politik dan inisiatif warga masyarakat, guna membentuk kemandirian dan kedewasaan dalam berpolitik, serta terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus meningkatkan kerja sama yang baik, menjalin dan memanfaatkan proses komunikasi, yang dapat mewujudkan kesamaan persepsi dan pola tindak, khususnya dalam menghadapi problematika kemasyarakatan, kebangsaan dan kenagaraan yang dihadapi.(Yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>