Published On: Ming, Agu 7th, 2016

Menejemen PT GSI 2 Sukalarang Tidak Peduli, Didemo Warga

 

SUKALARANG ( Sukabumi Pos ) – Ratusan warga Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang  melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu gerbang pabrik sepatu PT GSI 2 Sukalarang , ( PT Glostar 2 ) di Jalan Raya Sukabumi – Cianjur , Km 13 Desa Titisan, Kecamatana Sukalarang Kabupaten Sukabumi, Kamis,  (28/7/2016 ).

Aksi ini dipicu karena pihak PT GSI 2 Sukalarang tidak merespon pengaduan Amuy Mulyadi yang ditipu oleh rekanan yang menyuplay kebutuhan  PT GSI 2 Sukalarang melalui CV Elsafa Welditama dimana ownernya Supangat B Wignyo adalah ketua PUK SPSI PT GSI 2 Sukalarang.

Menurut Amuy yang ditemui di lokasi demo, tindakan ini tidak perlu terjadi apabila fihak menejemen PT GSI 2 Sukalarang merespon tuntutannya untuk bertanggung jawab permasalahan ini “ Namun sayangnya, beberapakali kami ketemu dengan fihak PT GSI 2 selalu memberikan jawaban yang tidak memuaskan. Malah mereka selalu mengatakan, fihaknya pun kena tipu juga oleh saudara Supangat itu “ tuturnya ke Tim SP

Penuturan Amuy dibenarkan oleh pengacaranya, Yoseph Luturyali saat ditemui di kantornya jalan Subang Jaya Kota Sukabumi sehari setelah demo. Yoseph menyayangkan ketidak pedulian dari fihak menejemen PT GSI 2 saat dilakukan mediasi terkait penipun yang dilakukan oleh Supangat “ Kami selaku kuasa hukum dari bapak Amuy Mulyadi merasa tidak puas dengan sikap dari fihak PT GSI 2 Sukalarang seakan mereka lepas tangan dari permasalah ini. Padahal bapak Amuy tidak mungkin bersedia menginvestasikan uangnya kepada saudara Supangat karena klien kami tahu, kalau saudara Supangat itu adalah rekanan PT GSI 2 Sukalarang sebagai supplier” bebernya.

Sebagai kuasa hukum Amuy Mulyadi, Yoseph sudah berusaha menemui fihak terkait termasuk jajaran pengurus dari CV Elsafa yang beralamat di Serang Banten juga pimpinan PT GSI 2 di Cikande Serang selama dua hari “ Kami terpaksa harus datang ke Serang mencari data sendiri karena kami tidak cukup puas atas jawaban dari saudara Sunardi dan saudari Ivone sebagai accounting PT GSI 2 Sukalarang. Sayangnya kami tidak diterima oleh pimpinan pusat PT GSI 2 “ sesal ketua LAPBAS ( Laskar Pendekar Banten Sejati ) Kokab Sukabumi.

Saat diminta kronologi peristiwa penipuan itu terjadi, Yoseph yang didampingi Amuy Mulyadi di kantornya mengatakan, bahwa saudara Amuy Mulyadi dipertemukan oleh saudara Deni security di PT GSI 2 Sukalarang ke saudara Supangat untuk ikut berinvestasi modal guna menyuplay kebutuhan PT GSI 2 Sukalarang dengan ketentuan, saudara Amuy akan diberikan keuntungan sebesar 10 hingga 15 persen.” Sayangnya, hak saudara Amuy hanya diberikan selama dua bulan, karena setelah itu saudara Supangat tidak lagi memberikan hak saudara Amuy karena pembayaran dari PT GSI 2 Sukalarang belum masuk ke rekening CV Elsafa “  jelasnya lagi.

Di tempat terpisah, Iwan Martin yang saat demo hadir di lokasi mengatakan, kejadian yang menimpa Amuy Mulyadi tidak perlu terjadi seandainya PT GSI 2 Sukalarang peduli kepada pribumi “ CV Elsafa itu  dari Serang dan sejak berdirinya PT GSI 2 ini sudah menjadi rekanan pabrik sepatu merk Adidas ini. Kami sebagai warga Titisan seharusnya diberi fasilitas utama untuk menjadi supplier “ sesalnya.

Hasil pantauan Tim SP di lapangan, para pendemo membawa beberapa karton bertuliskan tuntutan terkait tenaga kerja, CSR dan hapus monopoli supplier. ( Tim SP )

About the Author

- Aktivis Perjuangan tanpa henti masyarakat Sukaraja, Sukalarang, Kebonpedes dan Cireunghas (Susukecir)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>