Published On: Jum, Jul 22nd, 2016

Melalui Kegiatan Sosialisasi Kesadaran Umat Islam Memiliki Kemampuan Bayar Zakat Melalui Baznas

Sukabumi POS 

Realisasi Pengumpulan Zakat Fitrah Tahun 1437 Hijriyah, di Kota Sukabumi mencapai Rp. 1.995.336.144,00, berupa beras dan uang, termasuk infaq dan shodaqoh yang besarnya mencapai Rp. 126.136.000,00, atau mengalami peningkatan sebesar 10,51 persen dari tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M., sesaat sebelum melaksanakan Sholat Idul Fitri Tingkat Kota Sukabumi Tahun 1437 Hijriyah, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Selanjutnya dijelaskan, Realisasi Pengumpulan Zakat Fitrah, Infaq dan Shodaqoh Tahun 1437 Hijriyah ini, disalurkan oleh 67.409 muzaqi, dari jumlah keseluruhan umat Islam 308.638 jiwa se Kota Sukabumi, atau tingkat kesadaran umat Islam di Kota Sukabumi dalam membayar zakat, infaq dan shodaqoh baru mencapai 19,84 persen.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Baznas Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Sadar Zakat kepada segenap umat Islam, khususnya di wilayah Kota Sukabumi. Kegiatan sosialisasi yang mengangkat slogan atau motto Zakat Berdaya Masyarakat Sejahtera ini, akan dilaksanakan melalui kegiatan road show ke seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), serta Instansi, Lembaga, BUMD, BUMN, Kecamatan dan Kelurahan, termasuk RW dan RT, serta DKM (Dewan Kamakmuran Masjid) dan Sekolah yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

 

Diharapkannya, melalui kegiatan sosialisasi ini, dapat lebih meningkatkan kesadaran seluruh umat Islam di Kota Sukabumi, khususnya yang telah memiliki kemampuan membayar dan menyalurkan zakat, melalui Baznas Kota Sukabumi. Disamping itu, juga dapat meningkatkan zakat, infaq dan shodaqoh di Kota Sukabumi, untuk mengatasi dan menanggulangi, serta mengurangi masalah kemiskinan di Kota Sukabumi. Adapun sasaran penyelenggaraan sosialisasi ini, yakni para muzakki di Kota Sukabumi, supaya dapat senantiasa membayar dan menyalurkan zakat melalui Baznas Kota Sukabumi, untuk mengatasi jurang pemisah sosial di masyarakat, khususna di kalangan kaum dhuafa di Kota Sukabumi.

 

Ketua Baznas Kota Sukabumi menandaskan, seluruh umat Islam yang telah memiliki kemampuan atau para muzakki, wajib memiliki sifat kedermawanan, sebagai salah satu kunci kebaikan dan akhlak yang mulia. Sebab hal tersebut, merupakan himpunan dari kebaikan, kemurahan, kekayaan dan keutamaan jiwa, serta keagungan dan kemuliaan agama Islam. Selain itu juga ditandaskan, orang yang dermawan, yakni orang yang senantiasa melaksanakan kebaikan kepada orang yang membutuhkan bantuan, serta tidak membeda-bedakan suku, ras dan agama, baik yang diminta maupun yang tidak diminta. Bahkan Nabi Muhammad menandaskan, bahwa orang yang dermawan akan senantiasa dekat dengan Alloh dan manusia, serta akan dijauhkan dari siksaan api neraka. Sedangkan bagi orang yang bakhil atau kikir, akan jauh dari Alloh dan manusia, serta akan jauh dari sorga.(yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>