Published On: Rab, Mar 29th, 2017

Kerja Bhakti Merupakan Salah Satu Bagian Dari Peradaban Manusia

Sukabumi POS

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menandaskan, sebanyak 3 DAS (Daerah Aliran Sungai) di Kota Sukabumi, diklaim belum tercemar dan masih dalam kategori aman, serta apabila digunakan oleh warga masyarakat untuk mencuci, mandi dan kakus, tidak akan membahayakan. Adapun ke 3 DAS tersebut, yakni Sungai Cisaray, Sungai Cisuda dan Sungai Cipelang. Sebab berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, pencemaran air sungai di Kota Sukabumi, masih didominasi oleh limbah rumah tangga, dan sisanya oleh limbah pabrik makanan. Penandasan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan usai melaksanakan kerja bhakti membersihkan sungai dan penanaman sebanyak 103 Pohon Bambu Jepang, di DAS Cipelang, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 23 Maret 2017.

                Kerja bhakti membersihkan sungai dan penanaman Pohon Bambu Jepang yang dilaksanakan oleh DLH Kota Sukabumi ini, dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2017, tepatnya yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2017, yang mengangkat tema Waste Water atau Air Limbah, serta dalam rangka menyambut Peringatan Ke 103 Hari Jadi Kota Sukabumi, tepatnya yang jatuh tanggal 1 April 2017, yang mengambil tema, Dengan Peringatan 103 Tahun Kota Sukabumi, Kita Tingkatkan Rasa Persaudaraan, Sebagai Wujud Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

                Dalam kegiatan kerja bhakti tersebut, Wakil Walikota Sukabumi turun langsung menyusuri Sungai Cipelang, sekaligus ikut membersihkan aliran sungai dari berbagai jenis sampah, beserta sejumlah aparat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait dan warga masyarakat Kota Sukabumi, yang terdiri dari Komunitas Lingkungan, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat dan sejumlah elemen warga masyarakat lainnya, yang ada di sekitar DAS Cipelang.

                Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan kerja bhakti ini, dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga masyarakat, terhadap kebersihan air sungai dari berbagai jenis sampah dan limbah. Karena sungai merupakan salah satu bagian dari peradaban manusia, yang harus senantiasa dijaga dan dipelihara kebersihannya.

                Diharapkan pula, kegiatan kerja bhakti ini, bukan hanya sebagai stimulan saja, akan tetapi bisa diterapkan dan dilaksanakan, sekaligus ditingkatkan oleh segenap lapisan warga masyarakat, dengan tidak membuang sampah dan limbah sembarangan terutama ke sungai, tapi membuang sampah dan limbah pada tempatna. Maksud dan tujuannya, supaya setiap DAS di Kota Sukabumi bersih dari berbagai jenis sampah dan limbah, sehingga arinya dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan warga masyarakat, seperti mencuci, mandi dan kakus.(AMH/MAY)

 

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>