Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Kepala Sekolah Merupakan Tugas Tambahan Seorang Guru

Sukabumi POS

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., secara resmi membuka Pelatihan Kepala Sekolah di lingkungan Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya hari Rabu, 12 April 2017, di Gedung Maxone Kota Sukabumi. Dalam kesempatan tersebut Walikota Sukabumi menjelaskan, Kepala Sekolah merupakan tugas tambahan dari seorang guru, yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan optimal secara ikhlas. Selain itu, Walikota Sukabumi juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, para Kepala Sekolah di lingkungan Dinas P dan K Kota Sukabumi, dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan wawasan ke arah yang lebih baik lagi, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Sekolah dan melaksanakan pengelolaan sekolahnya masing-masing.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Hasan menjelaskan, sebagaimana diketahui bersama, bahwa Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa. Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya secara optimal, diantaranya upaya meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) bidang pendidikan, khususnya para Kepala Sekolah. Adapun indikator Kepala Sekolah yang berkualitas, beriman, bertaqwa dan berilmu, diantaranya berkualifikasi S-1 dan S-2, serta memiliki 5 kompetensi, sesuai dengan Permendiknas (Peraturan Mentri Pendidikan Nasional) RI Nomor 13 Tahun 2007, yakni kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi sosial, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi supervisi.

Ditandaskannya, agar ke 5 kompetensi tersebut dapat direalisasikan dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan sekolah, ke 5 kompetensi tersebut perlu diriview secara terus menerus, melalui berbagai kegiatan dan pelatihan. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh  SDM bidang pendidikan khususnya para Kepala Sekolah, dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta penghayatan dan penerapan terhadap ke 5 kompetensi tersebut. Sebab ke 5 kompetensi tersebut, wajib dimilki dan direaliasikan oleh setiap Kepala Sekolah, untuk mendorong dan meningkatkan efektifitas kinerja. Disamping itu, Ketua Panitia Penyelenggara juga menjelaskan, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 120 Kepala SD se Kota Sukabumi, 7 Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pendidikan Kecamatan se Kota Sukabumi, serta Unsur Dinas P dan K Kota Sukabumi.(AMH/MAY)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>