Published On: Sab, Sep 19th, 2015

KEKERINGAN DI SUKABUMI TERBANTU OLEH SUMUR PANTEK

SUKABUMI, (Sukabumi Pos),- Banyaknya kasus yang terjadi akibat kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Indonesia khususnya di Sukabumi dapat sedikit ditanggulangi dengan adanya sumur bor pantek. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, dampak kekeringan di wilayahnya tidak terlalu parah. Pasalnya, kekeringan tahun ini masih bisa diatasi dengan keberadaan sumur pantek dan artesis yang dibangun pada 2014 lalu.

Sumur bor pantek dibuat di 25 titik yang sebelumnya mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih sebagai dampak kemarau. Kawasan tersebut antara lain Kelurahan Lembursitu, Cipanengah, Karamat, Gunungpuyuh, dan Benteng.

“BPBD belum menerima data kekeringan secara signifikan,” papar Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Hendra Resmanda, kepada wartawan, Jumat (18/9/2015). Hal ini dikarenakan pemerintah pada tahun sebelumnya telah melakukan langkah antisipasi berupa pembuatan sumur bor pantek dan artesis di wilayah yang rawan kekeringan.

Menurut Hendra, di dalam satu kelurahan bisa dibuatkan dua sampai tiga unit sumur bor pantek. Selain itu pemerintah juga membangun sumur artesis di empat titik berbeda yakni Baros, Gunungpuyuh, Warudoyong, dan Cikole.

“Sumur pantek dan artesis ini efektif untuk menjadi solusi mengatasi kekeringan.”

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami menambahkan kehadiran sumur pantek dan artesis ini cukup dirasakan manfaatnya pada momen musim kemarau. Di mana, warga tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.Namun lanjut Zulkarnain, pada musim kemarau ini ancaman yang paling besar yakni kasus kebakaran. Data BPBD menyebutkan, pada Agustus lalu tercatat sebanyak tiga kasus kebakaran.

Kasus kebakaran misalnya terjadi di Kampung Saluyu Kelurahan Situ Mekar Kecamatan Lembursitu. Dalam peristiwa itu sebanyak 25 kamar di mess pekerja peternakan ayam ludes terbakar kobaran api.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>