Published On: Ming, Sep 20th, 2015

KEJARI CIBADAK ADAKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

SUKABUMI, (Sukabumi Pos),-

Dalam rangka Keterbukaan Informasi Publik, Kejaksaan Negeri Cibadak adakan Jumpa Pers di Gedung Aula, belakang kantor Kejaksaan Negeri Cibadak, kegiatan tersebut berlangsung didepan belasan insan Pers (26/8).

“beberapa kasus dugaan Tindak pidana korupsi yang sedang ditangani Kejari Cibadak dan kasus Tipikor lainya, masih dalam tahapan penyelidikan.” Ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Cibadak, dalam jumpa pers. Dikantor kejaksaan negeri Cibadak, 26 Agustus 2015.

Kasus Tipikor tersebut antara lain, “dana bantuan Gubernur DS CBTG, dugaan kasus hilangnya tanah negara di Tenjo jaya Cibadak, dugaan Kasus Alkes Rs. sekarwangi, dugaan kasus pengadaan Sapi, dugaan kasus Kementrian PU terkait pemeliharaan jalan nasional. Kemudian dugaan kasus PLTU (IP) kegiatan pembuatan (LBTY), dugaan kasus Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, dugaan kasus dana PPIP tahun 2013, dugaan kasus PSDA tahun 2012 pelaksanaan irigasi. “dugaan-dugaan kasus lainnya, “ungkap Kejari Cibadak.

Menurut UUD “bahwa Indonesia ialah negara yang berdasarkan atas hukum, tidak berdasarkan pada kekuasaan Belaka, penjelasan itu wajib di ingat kepada penyelenggara negara Republik Indonesia.”

Terkait Perbuatan yang bisa dikenakan pidana penjara karena korupsi ada beberapa indikasi. antara lain, “merugikan keuangan Negara, penggelapan dalam jabatan, suap menyuap, pemerasan, perbuatan curang, benturan kepentingan dalam pengadaan dan gratifikasi,jenis tindak pidana lain yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi seperti, merintangi proses pemeriksaan perkara korupsi,tidak memberikan keterangan atau memberikan keterangan yang tidak benar, Bank yang tidak memberikan rekening tersangka, saksi atau ahli yang tidak memberi keterangan atau memberi keterangan palsu, kemudian orang yang memegang rahasia jabatan, tidak memberikan keterangan atau memberikan keterangan palsu dan saksi yang membuka identitas pelapor,” Dijelaskan UU Tipikor.

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>