Published On: Sel, Agu 2nd, 2016

Kasus Kekerasan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Dilakukan Orang Terdekat

Sukabumi POS 

Kepala BPMPKB (Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana) Kota Sukabumi, Dra. Hj. Lilis Astri Suryanita, M.M. mendaskan, BPMPKB Kota Sukabumi, akan berupaya optimal dan secara gencar melakukan sosialisasi kepada segenap elemen warga masyarakat, untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kesadaran warga masyarakat, khususnya dalam mengantisipasi terjadinya kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, termasuk melalui media massa dan koordinasi dengan seluruh instansi dan lembaga terkait lainnya.

 

Karena dengan banyaknya kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur di berbagai daerah di Indonesia saat ini, membuat seluruh instansi dan lembaga terkait serta orang tua dan anak-anak harus semakin waspada dan hati-hati. Sebab kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur ini, dilakukan oleh orang-orang terdekat, seperti oleh ayah tiri, kerabat dan tetangga. Berkaitan dengan hal tersebut, segenap elemen warga masyarakat, sangat penting memiliki pemahaman dan pendidikan tentang peran keluarga dan pendidikan seksual, untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur sejak dini. Karena keluarga merupakan salah satu elemen yang pertama dan utama, untuk mencegah terjadinya berbagai kasus, termasuk kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur. Dijelaskannya, berdasarkan data yang ada, kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur ini, sangat jarang dilakukan oleh orang asing atau orang yang tidak dikenal, tapi dilakukan oleh orang-orang terdekat atau oleh orang-orang yang sudah dikenal oleh korbannya.

 

Kepala BPMPKB Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya sosialisasi tersebut, dapat mengantisipasi dan mencegah terjadinya kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, khususnya di Kota Sukabumi. Untuk itu, dalam sosialisasi tersebut, akan dilakukan presentasi kepada segenap elemen warga masyarakat, baik kepada guru dan orang tua, maupun kepada anak, serta setiap tahun akan dilakukan evaluasi, untuk mengetahui berbagai perkembangan dan aktivitas sosial yang terjadi di masyarakat. Disamping itu, Kepala BPMPKB Kota Sukabumi juga berharap kepada segenap elemen warga masyarakat di Kota Sukabumi, apabila ada kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur di lingkungannya masing-masing, agar segera melaporkannya kepada BPMPKB Kota Sukabumi, untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal beserta seluruh instansi dan lembaga terkait lainnya, terutama dalam upaya penyembuhan trauma kepada korban pasca kejadian kasus tersebut. Karena apabila dibiarkan sangat berbahaya, khususnya terhadap pertumbuhan serta perkembangan fisik dan psikologinya.(yunus)

 

 

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Berdasarkan hukum, “pelecehan seksual anak” merupakan istilah umum yang menggambarkan tindak kriminal dan sipil di mana orang dewasa terlibat dalam aktivitas seksual dengan anak di bawah umur atau eksploitasi anak di bawah umur untuk tujuan kepuasan seksual.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>