Published On: Kam, Sep 17th, 2015

KADES DAN MANTAN CAMAT TERJERAT TINDAK PIDANA KORUPSI

Cibadak, (Sukabumi Pos),- Tim peyididik Kejaksaan Republik Indonesia (Kejari) Cibadak menyatakan bahwa adanya kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tenjojaya yang diduga telah merugikan negara dengan hilangnya dan dijualnya aset negara seluas 299 hektar kepada pengusaha B.

Kejari Cibadak telah menetapkan 2 orang tersangka, yakni Kepala Desa (Kades) Tenjojaya dan mantan Camat Cibadak. Keduanya terlibat dalam penjualan Aset negara kepada pengusaha B. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan kemungkinan besar masih ada tersangka lainnya, seperti yang disebutkan oleh kepala seksi pidana kasus (Kasi Pidsus) kejari Cibadak, Ahmad EP Hasibuan.

Dari permasalahan tersebut, Kades tenjojaya dan mantan camat cibadak tersebut membawa kasus ini ke pra-peradilan. Dalam sidang pidana di Pengadilan Negeri Cibadak, terlihat ratusan warga memadati sidang lanjutan pra-peradilan mantan Camat Cibadak dan Kepala Desa Tenjojaya terhadap Kejaksaan Negeri Cibadak, Senin (14/9).

Ratusan warga Desa Tenjojaya hadir untuk memberikan dukungan kepada Kades Tenjojaya dan mantan Camat Cibadak. Selain warga Desa Tenjojaya, hadir pula masa dari Forum Permata. Namun, kehadiran masa Forum Permata ini bukan untuk mendukung 2 Tersangka, tapi untuk memberikan dukungan moril terhadap pihak Kejari Cibadak dalam penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi.

Sidang tersebut mendapat pengawalan ketat dari pihak aparat Kepolisian itu, hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian Sidang lanjutan Pra-peradilan untuk yang ke 3 digelar di Pengadilan Negeri Cibadak (14/09). Sejumlah anggota dari Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi yang diturunkan untuk pengamanan kurang lebih 100 personel.

Selain itu, massa pendukung dari Kades Tenjojaya dan mantan Camat Cibadak yang datang menghadiri sidang pra-peradilan kurang lebih 300 orang. Persidangan kali ini adalah keterangan saksi dan yang menjadi saksi kali ini adalah BA sebagai saksi dari PT. Tenjojaya. EG, panitia permohonan pembebasan lahan tahun 2002 dan TK. Sidang pra-peradilan kasus dugaan TIPIKOR penetapan tersangka camat dan kades Tenjojaya masih berlangsung belum ada putusan. (Her)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>