Published On: Rab, Jan 25th, 2017

JEMBATAN YANG MENGHUBUNGKAN KECAMATAN CIAMBAR DAN PARUNGKUDA PUTUS

JEMBATAN YANG MENGHUBUNGKAN KECAMATAN CIAMBAR DAN PARUNGKUDA PUTUSParungkuda,(Sukabumi pos).

Di musim penghujan ini memang cukup rawan bencana, baik bencana longsor, banjir dan terputusnya jembatan akibat  penyangga jembatan tergerus air yang cukup deras. Ditambah lagi jembatan tersebut sudah terlalu tua dan kurangnya perhatian dari pemerintah setempat. Seperti kejadian yang belum lama terjadi,jembatan yang menghubungkan   Warga kecamatan Ciambar dan Parungkuda ini  terputus akibat derasnya air kali Cileley yang terus menerus diguyur hujan.Bahkan untuk kegiatan perekonomia masyarakat di Wilayah Kecamatan Ciambar terganggu karena selain kendaraan tidak bisa melewati jalan tersebut juga jalan alternative yang sulit dilewati angkutan umum.

Sementara ini,masyarakat yang akan bepergian atau bekerja di Luar kecamatan Ciambar harus  menggunakan jalan alternative melalui Jalan lewi Orok atau Ciutara sedangkan untuk angkutan kendaraan  sangat sulit sehingga masyarakat yang memiliki kendaraan terpaksa harus  menghentikan kendaraannya untuk sementara waktu sampai dengan pemerintah setempat memperbaiki jembatan yang putus tersebut yang  musibahnya terjadi tanggal 24 Januari 2017 sekitar pukul  17 sore hari. Alhamdulillah dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Menurut keterangan warga setempat, jembatan kali cileley memang sudah cukup tua dan belum diperbaiki oleh pemerintah setempat,jembatan ini dianggap sebagai jembatan yang menghubungkan warga kampong Cibundar dan warga lainnya yang ada di kecamatan Ciambar dan Parungkuda ini juga sebagai jembatan  batas antara  Desa Cibundar jaya dan Desa Bojongkokosan. Jembatan kali Cileley ini sebagai urat nadi yang penghubungkan kedua Kecamatan tersebut,air dari kali cileley ini tembus ke kali Cicatih sementara untuk  jembatan itu hanya ada satu-satunya jembatan yang bisa dilalui kendaraan roda empat.Makanya dengan putusnya jembatan kali cileley tersebut membuat susah  kedua masyarakat yang berada di Wilayah Ciambar dan Parungkuda terlebih lagi anak SMPN Ciambar juga banyak warga dari kecamatan Parungkuda. ( Suparman ).

About the Author

- Wakil Ketua PWI Sukabumi, Pimpinan Redaksi Sukabumi Pos

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>