Published On: Sen, Apr 11th, 2016

IGI Sukabumi Siap Menghadapi Pendidikan Masa Depan

Share This
Tags

FB_IMG_14603394466315765
Sukabumi (SP) – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sukabumi menggelar Sharing Dunia Kependidikan bertajuk Update Kurikulum 2013 dan Core Skill for 21st Century Teachers, Minggu (10/4) di gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi. Pada pertemuan tersebut dihadiri pula oleh Ketua IGI Kab. Sukabumi, Jasmansyah, S.Pd., M.Pd. dan Instruktur Nasional Dra. Maspalah, M.Ag..
Jasmansyah mengungkapkan bahwa guru harus meningkatkan kapasitasnya sehubungan dengan cepatnya perkembangan dunia ilmu pengetahuan. Keberadaan IGI diharapkan dapat menjadi wadah peningkatan kapasitas guru, terutama menghadapi perubahan-perubahan kebijakan pendidikan.
“Berjejalnya informasi-informasi terkait perubahan dalam kurikulum nasional harus kita (guru) sikapi dengan cara jemput bola. Dari bulan ke bulan, bahkan hari ke hari, perubahan ini terus berlangsung. Contohnya saja tentang penilaian. Revisi terbaru per 25 Maret lalu, tapi itu pun belum fix dari pemerintah,” Ujar Maspalah, salah seorang instruktur Nasional Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Arab.
Sementara itu, pembicara kunci lain Bahar Sungkowo, S.Pd. menyampaikan bahwa guru-guru di abad modern harus bisa memfasilitasi sekaligus menjembatani para peserta didiknya untuk menghadapi masa depan yang lebih pelik. Alternatif pengajaran yang cocok di abad 21 adalah dengan mengutamakan core skill para peserta didik.
“core skill itu berupa keterampilan inti yang dimiliki siswa untuk menghadapi masa depan. Salah satunya interaksi berbasis digital.” jelasnya. Lebih lanjut guru SMP IT Alkautsar ini menjelaskan di abad modern, setiap orang dituntut meningkatkan digital literacynya melalui dunia maya.
Di akhir acara, pengurus IGI Kab. Sukabumi dan pengurus IGI Kota Sukabumi sepakat bersinergi untuk melaksanakan seminar nasional sekaligus menginagurasi kembali program pembelajaran daring berbasis google (GAFE). Program tersebut akan diluncurkan pada tanggal 29 Mei 2016. (Panji)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>