Published On: Jum, Jul 22nd, 2016

Fakta Sejarah dan Karakter Sebagai Pejuang Harus Dijadikan Modal Sosial

Sukabumi POS

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. mengungkapkan, sejak jaman dahulu, rasa nasionalisme dan semangat bertempur masyarakat Sukabumi, senantiasa menjadi perhatian khusus Kolonial Belanda. Sehingga pada waktu itu, terdapat ungkapan yang cukup terkenal dalam Bahasa Belanda, yakni Wees voor zichtig met Soekaboemiwant an kleine A komt van Soekaboemiwordt an grote A in Bandoeng, yang artinya Harus hati-hati dengan Sukabumi, sebab A kecil yang datang dari Sukabumi, bisa menjadi A besar di Bandung.

 

Ungkapan tersebut memberikan gambaran, bahwa Kolonial Belanda sangat memberikan perhatian secara khusus, serta bersikap sangat hati-hati terhadap berbagai gerakan yang berasal dari Sukabumi. Adanya perhatian khusus dan sikap kehati-hatian dari pihak Kolonial Belanda tersebut, bersumber dari karakter masyarakat Sukabumi, sebagai nasionalis dan patriot sejati.

 

Diungkapkan pula, Pertempuran Heroik Bojong Kokosan pada tanggal 9 Desember 1945, yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Juang Siliwangi, merupakan salah satu ciri nasionalisme yang kental dan jiwa patriotis yang militan, yang telah tertanam erat dalam jiwa masyarakat Sukabumi. Salah satu hal yang menjadi kebanggaan semua pihak, khususnya warga masyarakat Kota Sukabumi, bahwa berbagai strategi perang melawan Kolonial Belanda, termasuk Pertempuran Bojong Kokosan, senantiasa dirumuskan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

 

Fakta sejarah dan karakter sebagai pejuang yang dimiliki masyarakat Sukabumi ini, harus dijadikan modal sosial oleh seluruh lapisan masyarakat Sukabumi, khususnya pada saat ini, dalam rangka upaya mewujudkan cita-cita bangsa, menuju masyarakat adil dan makmur, sebagaimana yang telah dirumuskan oleh para perintis dan pejuang bangsa Indonesia.

 

Adapun tantangan yang dihadapi saat ini, bukan lagi menghadapi kolonialisme dan penindasan dari kaum penjajah, tapi lebih dititikberatkan pada pendayagunaan berbagai sumber daya dan potensi bangsa, untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Dalam konteks ini, seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, memiliki posisi yang strategis, khususnya dalam memfasilitasi dan mengakselerasi berbagai sumber daya yang dimiliki, supaya dapat menjadi potensi pembangunan yang menjanjikan, serta dapat meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.(yunus)

 

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>