Published On: Jum, Mar 18th, 2016

Dilaksanakannya Festival Ekonomi Kreatif Dapat Meningkatkan dan Mengembangkan Ekonomi

Sukabumi POS 

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., secara resmi membuka Festival Ekonomi Kreatif Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2016, tepatnya hari Rabu, 16 Maret 2016, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, diawali prosesi seni upacara adat, dari Sanggar Seni Surawung Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Ketua TP PKK, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, serta undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Sukabumi, atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta Festival Ekonomi Kreatif Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2016, seraya mengharapkan, dengan dilaksanakannya festival ini, dapat mewujudkan generasi muda berkualitas yang kreatif dan inovatif, serta mencintai budaya dan produk lokal. Selain itu, hasil karya yang dibuat oleh para peserta festival ini, memiliki nilai dan daya saing yang tinggi, serta mampu bersaing di kancah nasional dan internasional. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat, yakni menumbuhkan kreatifitas berkearifan lokal yang dapat berdaya saing secara ekonomis. Wakil Walikota Sukabumi juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat meningkatkan dan mengembangkan ekonomi kreatif, khususnya dalam bidang fashion, kuliner, film dan sketsa atau design di Kota Sukabumi, untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

 

Sementara Kepala Disporaparekraf (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Kota Sukabumi, Rudi Juhayat, S.H., selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya festival ini, yakni dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan Peringatan Ke 102 Hari Jadi Kota Sukabumi, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2016 mendatang. Selain itu, juga dalam rangka menggali kreativitas masyarakat, menyediakan sarana informasi dan ajang komunikasi bisnis antar pelaku industri kreatif, serta memperkenalkan kreativitas masyarakat dalam melakukan inovasi, sesuai dengan bakat dan budaya dalam mewujudkan sebuah karya yang memiliki nilai ekonomi. Dijelaskan pula, kegiatan ini dijadualkan berlangsung selama 4 hari, yakni tanggal 15 Maret 2016 penilaian design fashion, tanggal 16 Maret 2016 pembukaan dan fashion show, tanggal 17 Maret 2016 kuliner dan sketsa, serta tanggal 30 Maret 2016 acara penutupan. Sedangkan sasaran kegiatan ini, yakni para pelajar SMP, SMA dan SMK Sederajat, serta mahasiswa dan masyarakat umum.(Yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>