Published On: Sab, Mar 19th, 2016

Diklat ESELON IV Untuk Meningkatkan Kompetensi Aparatur

Sukabumi POS

Sebanyak 40 orang Pejabat Eselon IV Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yang terdiri dari 7 orang Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan, 32 orang Sekretaris Kelurahan, dan 1 orang Kepala Seksi Pembangunan Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, saat ini sedang mengikuti Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Pelayanan Publik, bertempat di Hotel Taman Sari Sukabumi.

 

Diklat yang dijadualkan berlangsung selama 7 hari, tepatnya dari tanggal 16 sampai dengan 22 Maret 2016 ini, dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. Hadir pada kesempatan tersebut, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, serta undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, serta kepada pihak Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat, yang sudah berkenan menjadi nara sumber dalam pelaksanaan Diklat ini.

 

Dijelaskannya, masalah pelayanan publik merupakan masalah utama dalam pemerintahan. Sebab adanya aparatur pemerintahan ini, untuk melaksanakan dan memberikan pelayanan kepada warga masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, segenap aparatur pemerintahan agar senantiasa berupaya optimal, melaksanakan dan memberikan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat dalam berbagai bidang.

 

Dijelaskan pula, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI mengamanatkan, bahwa paling sedikit 1 kali dalam setahun, untuk melaksanakan survey kepuasan masyarakat. Namun Pemerintah Kota Sukabumi, mengambil kebijakan untuk melaksanakan survey tersebut, sebanyak 2 kali dalam setahun.

 

Sementara Kepala Bidang Diklat BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan) Kota Sukabumi, Drs. Ade Suherman, M.Si. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Diklat ini, untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan aparatur pemerintah kecamatan dan kelurahan, sebagai salah satu unit kerja yang melaksanakan pelayanan langsung kepada warga masyarakat. Untuk itu, kurikulum dan materi yang diberikan dalam Diklat ini, terdiri dari Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, Pola Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Standar Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, dan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.(Yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>