Published On: Sab, Apr 29th, 2017

Bimtek Pengolahan Bahan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Keterampilan SDM

Sukabumi POS

                Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, selama 2 hari menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis) Pengolahan Bahan Perpustakaan Pontren (Pondok Pesantren), TBM (Taman Bacaan Masyarakat), Rumah Ibadah, ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia), Kelurahan dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya pada tanggal 25 dan 26 April 2017, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, serta Bimtek Pengelola Arsip SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Setda Kota Sukabumi, di Operation Room Setda Kota Sukabumi. Kegiatan Bimtek tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., tepatnya tanggal 25 April 2017, di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

                Wakil Walikota Sukabumi, dalam sambutannya menyambut baik dan apresiasi yang tinggi kepada Dispusip Kota Sukabumi, yang telah menyelenggarakan kegiatan Bimtek ini, karena sangat positif dan besar manfaatnya, seraya mengharapkan, dengan dilaksanakannya Bimtek ini, para Pengelola Perpusatakaan Pontren, TBM, Rumah Ibadah, ICMI, Kelurahan dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, serta para Pengelola Arsip SKPD dan Setda Kota Sukabumi, dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan, dalam mengelola perpustakaan dan arsip di Kota Sukabumi, sehingga dapat lebih baik lagi.

                Dalam pada itu, Kepala Dispusip Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Bimtek Pengolahan Bahan Perpustakaan ini, untuk meningkatkan keterampilan SDM (Sumber Daya Manusia) Perpustakaan, dalam mengolah bahan perpustakaan yang efektif, serta dalam proses pelayanan, proses penyusunan dalam rak dan tertib administrasi pelayanan, untuk dijadikan bahan acuan dalam melakukan evaluasi pengembangan bahan perpustakaan, di perpustakaannya masing-masing. Sedangkan dilaksanakannya Bimtek Pengelola Arsip, unuk memberi bekal dan pedoman kearsipan, dalam rangka tertib arsip di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk meningkatkan kemampuan dasar dan keterampilan dalam mengelola arsip, bagi para Pengelola Arsip SKPD dan Setda Kota Sukabumi.

                Adapun materi yang disampaikan dalam Bimtek Pengolahan Bahan Perpustakaan, diantaranya Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Motivasi, Katalogisasi dan Presentasi Kelompok, Klasifikasi berupa Praktik dan Simulasi, serta Shelving, Simulasi dan Tim Building, serta materi yang disampaikan dalam Bimtek Pengelola Arsip, antara lain Pengantar Kearsipan, serta Daur Hidup, Asas, Pengolahan, Pelestarian dan Mekanisme Penyerahan Arsip.

                Sedangkan Nara Sumber yang memberikan materi dalam Bimtek Pengolahan Bahan Perpustakaan, antara lain Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Dispusipda (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah) Provinsi Jawa Barat, Dr. Oom Nurohmah, M.Si., Kepala Dispusip Kota Sukabumi, Kepala Bidang Perpustakaan Dispusip Kota Sukabumi, Aam Mulyahati, S.IP., Staf Dispusip Kota Sukabumi, Gandi Sugandi, dan dari Perpus Seru Indonesia, Deri Darusman, serta Moderator, Kepala Seksi Perpustakaan Dispusip Kota Sukabumi, Ayi Suherdi, S.Pd.

                Sementara Nara Sumber yang memberikan materi dalam Bimtek Pengelola Arsip, yakni Kepala Dispusip Kota Sukabumi, serta dari Dispusipda Provinsi Jawa Barat, dan Moderator, Kasi Pengelolaan Kearsipan Dispusip Kota Sukabumi, Kadarisman, S.Sos. Selanjutnya peserta yang mengikuti Bimtek ini, seluruhnya berjumlah 180 orang, antara lain peserta Bimtek Pengolahan Bahan Perpustakaan sebanyak 130 orang, dan peserta Bimtek Pengelola Arsip sebanyak 50 orang.(AMH/MAY)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>