Published On: Rab, Jun 22nd, 2016

Besaran Zakat FITRAH Rp. 28.000/jiwa Plus InfaqRp. 2.000

Sukabumi POS

Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. menjelaskan, besaran Zakat Fitrah di Kota Sukabumi Tahun 1437 Hijriyah, per jiwa Rp. 28 ribu, atau dengan beras seberat 2,5 kilogram, ditambah infaq Rp. 2 ribu.

 

Adapun besaran pendistribusian zakat tersebut, antara lain untuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Instansi Pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta dan Sekolah, yakni Asnaf Amil 10 persen, dan sisa Asnaf lainnya sebesar 90 persen didistribusikan oleh Baznas Kota Sukabumi.

 

Selanjutnya untuk UPZ DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) atau RW, yakni sebesar 69 persen, yang terdiri dari Asnaf Fakir 12,5 persen, Asnaf Miskin 12,5 persen, Asnaf Ghorin 12,5 persen, Asnaf Fisabilillah 12,5 persen, Asnaf Ibnu Sabil 12,5 persen, dan Asnaf Amil 6,5 persen, dibagikan langsung atas nama Baznas Kota Sukabumi kepada Asnaf tersebut, di wilayahnya masing-masing, dengan prioritas fakir miskin.

 

Sedangkan sisanya sebesar 31 persen, yakni sebesar 3 persen untuk Asnaf Amil UPZ Kelurahan dan sebesar 2 persen untuk Asnaf Amil UPZ Kecamatan, serta sebesar 26 persen disetorkan ke Baznas Kota Sukabumi, untuk Riqob 12,5 persen, Muallaf 12,5 persen, dan Amil 1 persen.

 

Sementara untuk Infak sebesar Rp. 2 ribu, disetorkan 100 persen ke Baznas Kota Sukabumi, untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan gedung pelayanan zakat, termasuk sarana dan prasarananya.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Baznas Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap umat Islam di Kota Sukabumi, untuk bersama-sama membersihkan harta dan jiwa serta kemaslahatan bersama, dengan menunaikan kewajiban membayar Zakat Fitrah dan Zakat Maal, serta Infaq dan Shodaqoh, melalui UPZ Baznas Kota Sukabumi. Dikatakannya, untuk tertib administrasi realisasi penerimaan dan pendayagunaan Zakat Fitrah ini, akan diumumkan pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri Tingkat Kota Sukabumi, 1 Syawal 1437 Hijriyah, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Untuk itu, Ketua Baznas Kota Sukabumi menghimbau kepada seluruh UPZ Instansi Pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta dan Sekolah, serta Koordinator UPZ Kecamatan se Kota Sukabumi, agar melaporkan dan menyetorkannya ke Baznas Kota Sukabumi pada tanggal 25 Ramadhan 1437 Hijriyah.

 

Disamping itu, Ketua Baznas Kota Sukabumi juga mengharapkan, agar pelaksanaan ibadah puasa dan kewajiban membayar zakat fitrah serta ibadah lainnya pada Bulan Suci Ramadhan Tahun 1437 Hijriyah ini, dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta aman, tertib dan damai.(yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>