Published On: Jum, Apr 21st, 2017

Bathin Tertekan, Masalah Menimpa Orang Lain?

Sukabumi POS

Usep Gumelar (45) karyawan Pelayanan Dispenda Provinsi Wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat mengeluh. Keluhan tersebut dikatakan pada wartawan Rabu (12/4) pekan lalu diruangan security, saat itu ada dua petugas lainnya, satu berpakaian dinas POLRI, satu lagi baju biasa/preman (mungkin dari anggota Polri juga?). Ketika wartawan menghampiri, untuk mengklarifiksi soal kalimat “Besok Aja Ya”, tanpa menduga dan tidak biasanya, tiba tiba kalimat tersebut terlontar, wartawanpun terhentak dan terkejutnya yang diselimuti bertanya-tanya, beruntung wartawan itu tidak punya penyakit jantung.

Wartawan itupun jadi ngedumeul pada anggota Polri yang berpakaian dinas, bangun Na Iyeu Meupeus Keyang (perbuatan pihak lain yang menimpa Usep Gumelar, karena Usep Gumelar tidak bisa menahan emosi, kemudian datang orang lain spontan kalimat itu terlontarlah). Alhamdulillah wartawan juga tidak mempermasalahkannya. Pasalnya wartawan tersebut memandang Drs.H.Endang Sutardi (NIP.: 19600408 198503 1 008), sebagai Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Sukabumi, dianggap hal yang biasa biasa saja.

Menurut Usep Gumelar, semua urusannya sama saya, baik tamu dari Bandung maupun internal disini, sehingga bathin saya jadi sakit, bukan sakit karena fisik tapi merasa tertekan oleh pihak lain, dan dia itu tidak mau tahu ada apa tidak anggarannya, yang jelas harus diatasi, katanya.

Menyinggung Rencana Lokasi dan Jadwal Pelaksanaan SAMSAT Keliling II CPDP Wilayah Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, ungkap Endang Sutardi diruangan kerjanya menjelaskan, daftar rencana tersebut dari kami sampai ke Kelurahan Kelurahan saja, tidak sampai ditempel didinding rumah orang lain apalagi rumah pejabat atau disekitarnya, “Karena kami tidak ada anggarannya kalau sampai ditempel itu, maksudnya hanya dikantor Kelurahan saja sosialisinya oleh petugas kami, nantilah pada tahun berikutnya mudah mudahan anggarannya ada”, ujarnya.

Untuk bulan April ini, ungkap Endang Sutardi, Jadwal Pelaksanaan Tanggal; Bulan Tahun, berlokasi di Balai Kota Jl.R.Syamsudin,SH tanggal, 03 sampai 07 April; Kantor Kecamatan Cibeureum Jl.Sarasa; tanggal, 10 sampai 13 April; Kantor Kecamatan Cikole Jl.Mayawati Atas 17 sampai 23 April dan Kantor Kecamatan Warudoyong Jl.Pabuaran tanggal,25 sampai 28 April.

Sementara prosentase dari hasil Samsat Keliling ini, baru mencapai 15 persen, mudah mudah pada bulan berikutnya bisa mencapai 25 persen, kemudian menyusul lagi pada akhir tahun 2017 ini bisa mencapai 100 persen, hal ini tentunya yang kita harapkan oleh semua pihak, katanya.

Waktu terpisah kata Devin Amirullah dari Ortala Kota Sukabumi, soal pungutan liar memang sebagai PNS kita harus melaksanakan instruksi tersebut, namun kader materi yang diselewengkan itu harus ada kadarnya terhadap pelaku dan jangan langsung diproses. Kita inikan lembaga pemerintahan yang punya kewenangan penuh, seharusnya pada pelaku diberikan peringatan kesatu, kedua dan ketiga dan selanjutnya tindakan akhir.(AMH/MAY)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>