Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Bantuan Pangan dan Sandang Disesuaikan Dengan Jumlah Keluarga Serta Skala Bencana

Sukabumi POS

Para korban bencana di Kota Sukabumi, dijamin tidak akan kekurangan bantuan pangan, seperti beras, makanan dan kebutuhan pangan lainnya. Sebab seperti dijelaskan Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Drs. H. Bude Daryana, M.Si., berbagai kebutuhan pokok untuk para korban bencana di Kota Sukabumi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, cukup tersedia dan disimpan di Gudang Dinas Sosial Kota Sukabumi.

Dijelaskankan pula, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi), Dinas Sosial Kota Sukabumi hanya menyiapkan bantuan pangan, untuk para korban bencana di Kota Sukabumi. Selain itu, Dinas Sosial Kota Sukabumi, juga memiliki persediaan bantuan sandang, seperti selimut, pakaian dan terpal. Dengan demikian, pada saat terjadi bencana di Kota Sukabumi, Dinas Sosial Kota Sukabumi langsung menyalurkan bantuan pangan dan sandang kepada para korban bencana.

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi mengungkapkan, pada tahun 2016, Dinas Sosial Kota Sukabumi sudah menyalurkan berbagai bantuan pangan dan sandang kepada sejumlah korban bencana di Kota Sukabumi. Adapun besaran bantuan pangan dan sandang yang diberikan kepada sejumlah korban bencana di Kota Sukabumi ini, disesuaikan dengan jumlah keluarga dan skala bencananya.

Ditempat terpisah, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Akhmad Zulkarnain, S.E., M.M. menjelaskan, kejadian bencana di Kota Sukabumi pada tahun 2017, tepatnya dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2017, sudah mencapai 35 kali kejadian bencana. Adapun dari jumlah kejadian bencana tersebut, didominasi oleh kejadian bencana tanah longsor skala kecil. Sedangan daerah kelurahan di Kota Sukabumi yang paling rawan dan paling sering terjadi bencana tanah longsor, yakni daerah Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Gunungpuyuh, dan daerah Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole.

Menyinggung kejadian bencana di Kota Sukabumi pada tahun 2016, sesuai dengan data yang ada di BPBD Kota Sukabumi, mencapai 187 kali kejadian bencana, dengan total kerugian mencapai Rp. 9,359 milyar. Dikatakannya, dari jumlah kejadian bencana tersebut, yang paling banyak terjadi pada bulan April 2016, yakni mencapai 50 kali kejadian bencana. Dikatakan pula, kejadian bencana di Kota Sukabumi pada tahun 2016 tersebut, mengalami peningkatan sebanyak 54 kali kejadian bencana dari tahun 2015. Karena pada tahun 2015, di Kota Sukabumi hanya terjadi sebanyak 133 kali kejadian bencana.

Sedangkan wilayah kecamatan di Kota Sukabumi yang paling banyak terjadi bencana pada tahun 2016, yakni wilayah Kecamatan Citamiang mencapai 44 kejadian bencana. Sementara jenis bencana yang banyak terjadi pada tahun 2016 di Kota Sukabumi, didominasi oleh kejadian bencana tanah longsor skala kecil, yakni mencapai 64 kali kejadian bencana.(AMH/MAY)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>