Published On: Jum, Apr 21st, 2017

Bagi Warga Masyarakat Yang Sudah Direkam KTP Elektroniknya Segera Dicetak

Sukabumi POS

Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menandaskan, Pemerintah Pusat menurut rencana akan segera mendistribusikan sebanyak 7 juta blangko KTP (Kartu Tanda Penduduk) elektronik, ke seluruh Kota dan Kabupaten se Indonesia. Karena menurut informasi terakhir yang diterima pihak Disdukcapil Kota Sukabumi, bahwa Pemerintah Pusat sudah selesai melakukan pelelangan blangko KTP elektornik. Namun untuk Kota Sukabumi, menurut informasi hanya akan mendapat jatah sebanyak 4 ribu blanko KTP elektronik.

Hal ini tentu masih jauh dari harapan, serta tidak sebanding dengan jumlah kuota yang dibutuhkan Kota Sukabumi. Karena warga masyarakat Kota Sukabumi yang sudah membuat Suket (Surat Keterangan) Pengganti KTP elektronik, saat ini sudah mencapai 13 ribu orang. Ditandaskan pula, pendistribusian blangko KTP elektronik untuk Kota Sukabumi tersebut, baru pendistribusian tahap pertama, dan akan ada pendistribusian tahap berikutnya, tapi mengenai waktunya belum bisa dipastikan.

Selain itu juga ditandaskan, pencetakan KTP elektronik ini akan dilakukan melalui PRR (Print Ready Record), yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. Untuk itu, bagi warga masyarakat yang sudah direkam dan disimpan di PRR, KTP elektroniknya akan segera dicetak. Karena PRR ini merupakan data dan daftar warga masyarakat, yang KTP elektroniknya harus segera dicetak.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melakukan pencetakan KTP elektronik bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi sudah menyiapkan sebanyak 8 printer. Sedangkan untuk membaca KTP elektronik secara praktis, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi sudah membeli compact e-KTP reader, serta 2 monitor dan 7 catrider, untuk mengecek chip KTP elektronik, sehingga tidak memerlukan PC (Personal Computer), untuk mengecek kevalidan data warga masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang belum kebagian KTP elektronik agar bersabar, sebab masih bisa menggunakan Suket Pengganti KTP elektronik. Karena Suket Pengganti KTP elektronik juga, bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan kepentingan warga masyarakat. Dijelaskannya, Suket Pengganti KTP elektronik ini, berlaku selama 6 bulan, dan apabila waktunya sudah habis bisa diperpanjang kembali.

Disamping itu juga dijelaskan, banyaknya warga masyarakat Kota Sukabumi yang membuat Suket Pengganti KTP elektronik ini, berkat peran dan aktifnya pihak Disdukcapil Kota Sukabumi, dalam melakukan program Jempol (Jemput Bola) pelayanan pembuatan KTP elektronik, secara door to door ke setiap SMA, SMK dan MA, serta ke setiap Pabrik dan ke setiap wilayah Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Sukabumi.(AMH/MAY)

 

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>