Published On: Kam, Agu 11th, 2016

Analisis Potensi Daerah Minimnya Sumber Daya Alam

Sukabumi POS

Perpustakaan Nasional RI, menyelenggarakan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2016 di Kota Sukabumi, tepatnya hari Senin, 8 Agusus 2016, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jalan Veteran 2 Nomor 6 Kota Sukabumi, mulai pukul 07.30 sampai dengan selesai. Kegiatan yang mengambil tema Membangun Karakter Bangsa, Melalui Membaca Dengan Memberdayakan Perpustakaan ini, dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M.

 

Acara tersebut diisi kegiatan talkshow, dengan nara sumber Anggota Komisi 10 DPR RI, Dr. Reni Marlinawati, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Kepala Pusat Presentasi Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sumekar, M.Si., Kepala Bidang Pengolahan dan Deposit Bahan Pustaka Bapusipda (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah) Provinsi Jawa Barat, Dra. Ida Hendrawati, serta Kepala Kapusipda (Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., dan moderator Kepala Kantor Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. Gabril Majid Sukarman, M.Pd. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, seluruhnya berjumlah 200 orang, terdiri dari para pengelola perpustakaan sekolah, madrasah, pondok pesantren, perguruan tinggi, perpustakaan khusus instansi, guru. pelajar dan mahasiswa, serta wartawan media cetak dan elektronik.

 

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi menjelaskan, sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa berdasarkan analisis potensi daerah, Kota Sukabumi telah menetapkan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa. Visi ini disusun, karena semua pihak menyadari minimnya SDA (Sumber Daya Alam) di Kota Sukabumi, dan visi ini disusun sebelum ramainya indikator Indeks Pembangunan Nasional, serta kebijakan ini diaplikasikan dalam perhatian anggaran pendidikan, kesehatan dan perdagangan. Walikota Sukabumi mengungkapkan, kendati Kota Sukabumi merupakan Kota Kecil, tapi IPM (Indeks Pembangunan Manusia)-nya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan IPM Jawa Barat. Antara lain, Indeks Pendidikan 87,44 dan Indeks Kesehatan 76,23. Demikian pula dari aspek regulasi yang berkaitan dengan perpustakaan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa mendorong perpustakaan untuk lebih baik lagi, serta perpustakaan di Kota Sukabumi sudah mulai dikembangkan, bukan hanya di setiap kecamatan dan kelurahan saja, akan tetapi juga sudah merambah ke pesantren-pesantren yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

 

Sementara Kepala Pusat Presentasi Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sumekar, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya kepada Walikota Sukabumi, yang telah membantu dan memfasilitasi secara optimal, sehingga penyelenggaraan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2016 di Kota Sukabumi ini, dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak.(M.YUNUS)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>