Published On: Ming, Mei 17th, 2015

AHER DIPERIKSA TERKAIT DUGAAN KORUPSI

JAKARTA, (Sukabumi Pos),- Selama lima belas jam, Ahmad Heryawan (Aher) Gubernur Jawa Barat yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di periksa Bareskrim, Jum’at, (15/5/2015). Lelaki kelahiran Sukabumi ini diperiksa dalam kapasitas saksi terkait korupsi pembangunan gedung olah raga Gedebage Bandung.

Seusai diperiksa, gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Aher mengatakan, bahwa dirinya diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi dari tersangka YAS Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung yang disangka korupsi pembangunan stadion utama Gelora Bandung Lautan Api di Gede Bage, Bandung.

“Kapasitas saya sebagai Gubernur pemegang kebijakan keuangan tingkat provinsi, sesuai undang-undang, telah memberikan bantuan keuangan. Tapi saat bantuan sudah diberikan ke Pemerintah Kota Bandung, maka seluruh proses, baik perencanaan, tender, pelaksanaan, pendayagunaan termasuk pengawasan merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Bandung” jelasnya saat dicegat awak media ditangga gedung Bareskrim, Jakarta.

Untuk mendapatkan keterangan dari orang nomor satu di Jawa Barat ini, polisi mencecar beberapa pertanyaan sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 21,45 malam. Aher bersikukuh, bahwa bantuan dari gubernur itu sudah didelegasikan ke Pemkot Bandung dan sudah sesuai prosedur.

“Secara hukum, ketika uang sudah masuk ke APBD Kota Bandung, maka segala urusan lainnya juga diserahkan ke Pemkot Bandung juga “ jelasnya lagi.

Seperti berita yang dilansir oleh beberapa media beberapa bulan lalu, Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Polri telah menetapkan YAS sebagai tersangka dalam korupsi Stadion yang direncana akan digunakan untuk upacara pembukaan Pekan Olah Nasional ( PON ) XIX Jawa Barat ini pada bulan Mei 2015 ini. Stadion megah yang menyedot anggaran sebesar Rp. 1,1 triliun yang diresmikan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada yang kini sudah mendekam di LP Sukamiskin ini, terus digeber oleh Maber Polri dan Polda Jawa Barat. ( Rangga )  

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>