Published On: Sen, Mar 28th, 2016

Abdul Rachman, A.TD Seluruh CCTV Akan Dilaunching Pada Peringatan Hari Jadi Kota Sukabumi ke 102

Sukabumi POS

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan berupaya optimal mengawasi sejumlah titik jalan di Kota Sukabumi, melalui CCTV (Closed Circuit Television), dari Gedung ITC (Intelligent Traffic Centre) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, Seperti diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., sebagai salah satu upaya untuk menunjang kinerja Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, khususnya dalam mengurai kemacetan arus lalu lintas, serta mengamati tindak kejahatan di jalan yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

 

Diungkapkan pula, jumlah CCTV tersebut seluruhnya mencapai 45 CCTV, serta sudah dipasang sebanyak 23 CCTV di sejumlah titik jalan di Kota Sukabumi. Selain itu juga diungkapkan, ke 45 CCTV tersebut, merupakan CSR (Corporate Social Responsibility) dari Bali Tower. Selain itu juga diungkapkan, ada dua ruangan pengamatan kamera CCTV di Kota Sukabumi, yakni di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Jalan Arif Rahman Hakim Kota Sukabumi, dan di Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, melalui TMC (Traffic Management Control), tepatnya di kawasan Alun-Alun Masjid Agung Kota Sukabumi, Jalan Jenderal Sudirman Kota Sukabumi.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengatakan, seluruh CCTV tersebut, menurut rencana akan dilaunching pada peringatan ke 102 Hari Jadi Kota Sukabumi, 1 April 2016. Dikatakan pula,  CCTV tersebut, bisa diakses oleh warga masyarakat luas, melalui aplikasi khusus. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, sudah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman Kerja Sama, dengan pihak PT Telkom, serta IP (Internet Protocol) Addres-nya akan dipublikasikan kepada warga masyarakat. Dengan demikian, warga masyarakat bisa melihat CCTV langsung melalui smartphone atau gadget.

 

Diharapakannya,  dengan dipasang dan dioperasikannya CCTV ini, dapat memberikan multiplayer efek kepada semua pihak, bukan hanya melihat perkembangan arus lalu lintas saja, akan tetapi juga dapat secara cepat dan sigap menyikapi dan menangani berbagai permasalahan arus lalu lintas di Kota Sukabumi. Selain itu, warga masyarakat yang mengakses CCTV melihat arus lalu lintas di Kota Sukabumi, juga dapat melaporkan berbagai kejadian di jalan di Kota Sukabumi, kepada Dinas Perhubungan Kota Sukabumi atau kepada Satlantas Polres Sukabumi Kota, serta bagi warga masyarakat dari luar wilayah Kota Sukabumi yang akan berkunjung ke Kota Sukabumi, dapat melihat perkembangan dan menghindari kemacetan arus lalu lintas di Kota Sukabumi, melalui aplikasi tersebut.

 

Dikatakan pula, pengamatan melalui CCTV ini,  dilengkapi dengan rekaman, untuk melakukan evaluasi serta akan senantiasa terpantau selama 24 jam, oleh 6 orang operator CCTV. Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya pemantauan melalui CCTV ini, dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban, khususnya di setiap ruas jalan di Kota Sukabumi.(Yunus)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>