Published On: Rab, Jan 27th, 2016

GUNUNG GEDE PANGRANGO SEBAGAI CAGAR BIOSFER SUKABUMI

Sukabumi – Pelestarian keanekaragaman hayati menjadi kesadaran kita semua dalam rangka menjaga alam agar pembangunan sosial, ekonomi tetap bersahabat.  Juga pemeliharaan nilai-nilai yang terkait dengan budayanya kedepan Agar tercipta selalu keseimbangan antara manusia dan alam. Core area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan Cagar Biosfer sejak tahun 1977 sudah ditetap secara nasional untuk tetap kita jaga kelestarianya.

Kawasan konservasi, Leskap alami dan kawasan budidaya yang perlu di kelola secara terintegrasi, terkordinasi.
Tentunya dengan semua pihak. Karena Ini sudah menjadi tanggungjawab kita semua, agar alam terus memberi manfaat dalam mendukung serta menyelaraskan konservasi ke aneka ragaman hayati, pembangunan yang berkelanjutan, penelitian dan pendidikan. Masa depan generasi kita.

Cagar Biosfer mempunyai tiga fungsi utama yaitu Pelestarian keanekaagaman biologi dan budaya, juga Penyediaan model pengelolaan lahan dan lokasi eksperimen pembangunan berkelanjutan kemudian Penyediaan tempat untuk riset, pemantauan lingkungan, pendidikan juga pelatihan.

Sebuah Cagar Biosfer didefinisikan sebagai suatu kawasan konservasi ekosistem daratan dan pesisir/laut atau kombinasi lebih dari satu ekosistem.

Cagar Biosfer juga melayani perpaduan tiga fungsi pertama Kontribusi leskap, ekosistem, jenis dan plasma nutfah. Kedua Menyuburkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan baik secara ekologi maupun budaya. Ketiga Mendukung logistik untuk penelitian, pemantauan, pendidikan dan pelatihan yang terkait dengan masalah konservasi dan pembangunan yang berkelanjutan ditingkat lokal, regional, nasional maupun global.

Untuk mengintegrasikan berbagai fungsi tersebut, kegiatanya diatur menurut sistem pembagian wilayah (Zonation), yang meliputi area inti (core area) untuk pelestarian, Zona penyangga (Buffer zone), dan kawasan terluar yang merupakan area transisi (Transition area) atau kawasan untuk kerjasama dengan masyarakat lokal. Adapun pembagian zonasi tersebut mempunyai fungsi masing masing yang satu sama lain berhubungan. (Herdi)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>