Published On: Sen, Jan 11th, 2016

SMK ALBAROKAH GELAR PANGGEING ATI KE-2 DAN MAULID NABI SAW

Cikembang (Sukabumipos). Suasana SMK Albarokah di hari Sabtu (9/1 2016), sangat berbeda dari hari-hari biasanya. Pasalnya selain baru seminggu memasuki kegiatan belajar-mengajar juga digelarnya acara panggeing ati ke-2 dan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw membuat sibuk siswa dan siswi SMK tersebut. Pada hari itu khususnya lebih banyak mendengarkan tausiah dan istighosah yang digelar secara bersamaan di ruangan belajar. Hadir dalam acara tersebut guru  yang memberikan tausiah Ust. Lukmanulhakim, S.Pd.i guru Pendidikan Agama SMK Albarokah dan Ust. Endang yang meminpin Istighosah. Lebih terharu lagi suasana saat itu ketika Ust. Endang membacakan solawat Nabi dan Istigfar yang cukup menggema di ruangan belajar yang diikuti oleh sekitar 320 siswa dari jumlah 450 siswa karena sebagian siswa khusus kelas XI sedang melaksanakan Prakelin selama 3 bulan.

Dalam Tausiahnya Ust. lukman memberikan semangat belajar agar mereka bisa lebih bertanggungjawab kepada kegiatan di sekolah sehingga kelak benar-benar bisa menjadi manusia yang berakhlak dan berguna di masyarakat. Selain itu pihak Yayasan juga menerbitkan buletin bulanan panggeing ati yang ke 2, dan bulletin tersebut merupakan  penerbitan rutin bulanan sebagai pusat informasi keagamaan untuk masyarakat. Bahkan pada malam sabtunya juga digelar acara tabligh akbar bersama-sama antara yayasan dengan masyarakat setempat bertempat di kampus 1 yayasan Albarokah.

Dalam buletin yayasan itu, menceritakan tentang sejarah Maulid Nabi, dimana zaman Rosulullah dan alkhulafaaul arrasyidin perayaan memperingati kelahiran Nabi belum pernah di kenal. Rasul mengenang hari kelahirannya dengan puasa, sesuai pertanyaan Sahabat kepada rasul,” kenapa Engkau puasa pada hari Senin Yaa Rasul? “Rasul pun menjawab,”Pada hari itu Aku di lahirkan dan pada hari itu pula di turunkan Alquran.”

Adapun sejarah Maulid terjadi pada abad ke 7 Hijriyyah, saat terjadinya perang salib. Menurut Imam Al Suyuthi, tercatat sebagai Raja pertama memperingati Maulid Nabi dengan perayaan yang meriah luar biasa adalah Raja Al Mudhaffar Abu Said Kukburi Ibn Zainuddin Ali bin Baktakin. Tidak kurang dari 300.000 dinar beliau keluarkan dengan ikhlas untuk bersedakah pada hari peringatan Maulid ini,intinya menghimpun semangat juang dengan membacakan Syair dan karya sastra yang menceritakan kisah kelahiran Rasulullah Saw,diantaranya yang terkenal adalah karya Syeikh Albarjanji menampilkan riwayat kelahiran Nabi Muhammad Saw. (Red.on line).

About the Author

- Wakil Ketua PWI Sukabumi, Pimpinan Redaksi Sukabumi Pos

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>