Published On: Rab, Nov 25th, 2015

KADES CIDADAP DIDEMO WARGANYA

SIMPENAN (Sukabumi Pos)- Ratusan masyarakat  di wilayah Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi datangi kantor Desa Cidadap. Dalam aksinya, masyarakat yang tergabung dalam masyarakat cidadap bersatu menuntut agar pemerintah Desa bisa lebih transparan kepada masyarakat mengenai pengelolan anggaran Dana Desa yang keluar masuk untuk desa Cidadap.

Sementra itu, Kordinator aksi, Ucid Badrudin, warga asal Cidadap mengatakan kepada wartawan kemarin (24/11), selama ini desa di anggap tidak pernah transparan mengenai pengelolan anggaran yang masuk ke Desa Cidadap. seperti  aset desa, hasil dari retribusi dan Anggaran  Dana Desa (ADD) yang masuk dari mulai tahun 2014 dan 2015.

“Intinya, selama ini pihak desa  dalam pengelolan dana desa yang masuk dan keluar tidak ada transparansi anggaran, jangan sampai ada anggaran tersebut dipakai untuk kegiatan fiktif atau untuk kepentingan peribadi,” ujar Ucid disela usai aksi di halaman kantor desa Cidadap jalam bagbagan pelabuhanratu.

Dalam aksinya Ucid mengatakan, masyarakat meminta dalam waktu deadline 3×24 jam pihak desa agar bisa membeberkan anggaran yang digunakan selama ini. Namun apabila tidak ada itikad baik dalam permaslahan ini, kami meminta agar kepala desa  mundur dan meninggalkan jabatannya.

“Lewat dari tiga hari tanpa ada penjelasan, kami ancam kades untuk turun percuma kalo tidak bisa mengurus kepentingan masyarakat banyak, lebih baik mundur saja, “tegasnya.

Lanjut Ucid, Kemajuan desa itu berdasarkan transparansi dan bertanggung jawab pemimpin desa. Tapi sayang di bawah kepemimpinan kades saat ini. Hal itu seolah jauh dan ditutup-tutupi dari masyarakat.

“Seharusnya kades itu bisa peka dan bisa membangun desa dengan dasar saling  transparan dan tidak ada yang ditutupi dari masyarakat apalagi yang ditutupi itu untuk masyarakat banyak,” ungkapnya.

Sementara itu di konfirmasi terpisah, Kepala Desa Cidadap, Amin Hidayat mengaku selama ini dirinya bersama pihak desa telah transparan mengenai penggunaan anggaran kepada masyarakat. Semua anggaran yang masuk, sudah dia salurkan sesuai tupoksi.

“Selama ini kami rasa sudah menjalankan tugas dengan baik juga  transparan, silahkan buktikan jika ada ketidak transparanan di desa ini, menurut saya apa dan dari segi mana lagi yang harus transparan. Sebab semuanya sudah dibuka selebar-lebarnya informasi untuk masyarakat kami di sini tak ada yang ditutupi,” kata dia.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>