Published On: Rab, Nov 25th, 2015

Suasana Berbeda Di Debat Publik Cabup & Cawabup Sukabumi

SUKABUMI (Sukabumi Pos) – Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi berjalan dengan lancar walaupun sebelum debat pubik di mulai sempat di guyur hujan deras. Debat sesi pamungkas ini di gelar di ruang terbuka di Alun-alun Palabuhanratu, Senin malam (24/11).

Suasana Debat Publik kali ini sangat terlihat berbeda dan cukup meriah. dihadiri puluhan ribu simpatisan dan relawan dari semua calon, para pendukung dengan antusias menyaksikan para Calon Bupati dan Wakil Bupati dukunganya dalam menyampaikan visi misi nya untuk memajukan kabupaten sukabumi kedepan.

Dalam Debat Publik kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi yang di saksikan puluhan ribu masyarakat Sukabumi  bertemakan “Menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah dan provinsi dengan nasional, serta memperkokoh negara kesatuan republik Indonesia dan kebangsaan”.

Hal ini sangat berbeda, Pasalnya debat publik sesi terakhir sengaja dilakukan panitia kepada pasangan calon dengan sesi menyampaikan  visi misi para calon Bupati dan wakil bupati, Lebih pada penajaman visi misi para calon, ketiga sesi pertanyaan dan sanggahan yang disampaikan para calon dengan pertanyaan yang sudah disediakan di dalam amplop berisi pertanyaan-pertanyaan secara acak.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Dede Heryadi mengatakan, debat kali ini memang dilakukan dengan lebih spektakuler dan berbeda agar masyarakat bisa lebih leluasa mendengarkan para calon dalam menyampaikan visi misinya untuk kabupaten sukabumi. Selain ini ajang debat publik pamungkas ini adalah debat publik pertama yang di adakan di ruang terbuka di Jawa Barat.

“Dalam debat kali ini kita rasa ini yang pertama di adakan di ruang terbuka saya kira di daerah lain tidak ada. Pada debat publik pertama dan kedua dilakukan di ruang atau gedung dengan kapasitas pendukung di batasi dan yang kali ini debat pamungkas kedua pasangan dihadirkan,” tuturnya.

Dede menambahkan, Debat pamungkas kali ini sesi yang paling berbeda yakni diadakannya segmen mengambil amplop yang berisi pertanyaan-pertanyaan bagi paslon masing-masing. Ini dilakukan untuk lebih mengetahui kemampuan masing-masing calon dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan secara diacak.

“Pertanyaan yang di berikan secara diacak ini jelas akan memberikan kesempatan mereka untuk membuktikan kapasitas para calon khususnya masyarakat bisa mengetahui secara langsung bagai mana dan sejauh mana wawasan para calon yang mereka dukung untuk memajukan Kabupaten Sukabumi lebih maju dan baik dari berbagai aspek,” kata dia.

Ia berharap dari pola debat publik di ruangan terbuka diharapkan bisa membuktikan dan tak lupa semua visi misi mereka yang di sampaikan di  debat publik Pilbup Sukabumi.

“Yang jelas, debat publik ketiga kali ini berjalan dengan lancar dan aman.masyarakat bisa menyaksikan sendiri, walau pun ada ketegangan sejendak antara para pendukung dari salah satu pendukung calon, tapi itu sudah teratasi dan itu adalah dalam tindak kawajaran, dengan seperti itu menjadi mendekatkan diri antara pasangan calon dan semua simpatisan maupun warga Kabupaten Sukabumi,” tutupnya. (SP)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>