Published On: Sen, Apr 17th, 2017

75 orang Menerima Sertifikat Tanah Melalui Program Strategi Nasional

Sukabumi POS

                Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menghadiri Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Program Strategi Nasional, sekaligus pembinaan, fasilitasi dan kerja sama akses reform, oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) RI, Dr. Sofyan Djalil, kepada 1.998 orang warga masyarakat, dari 10 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, secara simbolis diserahkan kepada 12 orang perwakilan, diantaranya perwakilan dari Kota Sukabumi, Sugandi, tepatnya tanggal 12 April 2017, di Graha Batu Nunggal Indah Bandung.

                Dalam kesempatan tersebut, Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala BPN RI, Dr. Sofyan Djalil menjelaskan, jumlah tanah di Jawa Barat mencapai 19,8 juta bidang, dan yang sudah memiliki sertifikat baru 6,3 juta bidang. Untuk itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala BPN RI menargetkan, seluruh tanah di Indonesia termasuk di Jawa Barat, pada tahun 2025 mendatang sudah mendapatkan sertifikat.

                Dijelaskan pula, jumlah warga masyarakat Jawa Barat yang akan menerima sertifikat tanah pada tahun 2017 melalui Program Strategi Nasional ini, ditargetkan mencapai 384.500 orang, dan untuk tahun 2018 mendatang ditargetkan mencapai 500.000 orang. Selain itu juga dijelaskan, seluruh warga masyarakat yang mengikuti Program Strategi Nasional ini, akan dibimbing oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Provinsi serta Kota dan Kabupaten, supaya bisa meningkatkan kesejahteraannya.

                Sementara Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. mengharapkan, dengan adanya Pembuatan Sertifikat Hak Atas Tanah melalui Program Strategi Nasional ini, seluruh tanah di Kota Sukabumi mendapat sertifikat, sehingga Kota Sukabumi menjadi Kota yang keseluruhan tanahnya memiliki sertifikat. Diharapkan pula, Program Pembuatan Sertifikat Tanah ini dapat terus berlanjut, karena prosesnya cepat dan mudah, sehingga dapat mendongkrak terhadap kemajuan warga masyarakat dan kelancaran proses pembangunan di Kota Sukabumi.

                Sedangkan Kepala Kantor BPN Kota Sukabumi, Abdul Wajah  Ganjar, S.H., M.Hum. menjelaskan, jumlah warga masyarakat Kota Sukabumi yang menerima sertifikat tanah melalui Program Strategi Nasional ini, seluruhnya mencapai 75 orang, dari Kelurahan Baros Kecamatan Baros, karena dalam tahapan termasuk dari segi aturannya, seperti pengumpulan data dan pengukuran tanah sudah selasai secara keseluruhan. Dijelaskan pula, jumlah warga masyarakat Kota Sukabumi yang mengajukan permohonan Pembuatan Sertifikat Hak Atas Tanah ke BPN Kota Sukabumi melalui Program Strategi Nasional ini, seluruhnya mencapai 11.000 orang, dari 10 Kelurahan yang tersebar di 4 Kecamatan di Kota Sukabumi, serta secara bertahap akan segera diselesaikan.(AMH/MAY)

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>